Inspirasi Bangsa

Ketika Bertemu Dosen Pembimbing, Apa saja yang perlu disiapkan?

0

ENERGIBANGSA.ID – Menjadi Mahasiswa akhir tentu tak lepas dari yang namanya skripsi, sebagai ujian akhir seorang mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhirnya, tentunya harus mengajukan hasil penelitiannya kepada seorang dosen pembimbing skripsinya.

Pastinya bagi sebagian mahasiswa yang baru saja mengajukan judul atau proposal penelitian akan bingung dalam menghadapi dosen pembimbing, apalagi rumor-rumor nih ada dosen pembimbing yang killer yang membuatmu gugup saat ditanya soal skripsi kalian.

Kalau kalian ingin berperang tentunya harus mempersiapkan segala persenjataan dong, Nah oleh karena itu sebelum menemui dosen pembimbing harus mempersiapkan hal ini.

Nah Apa saja hal yang sebaiknya dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum bertemu dosen untuk bimbingan?

1 Janjian

Sebelum bimbingan, sudah ada janjian sebelumnya. Bisa lewat chatting via aplikasi whats app atau ketemu langsung di hari sebelumnya atau ketemu saat pagi hari. Atau beberapa dosen oke kapan saja asal sedang luang.

Yang perlu diingat ya kalau nulis pesan ke dosen jangan kirim “P”. Jangan kebiasaan anak meme dibawa kekampus apalagi hubungi dosen. Awali salam dan perkenalkan diri kemudian kasih penjelasan maksud tujuanmu apa. Misal mau ketemu untuk bimbingan pak.

2. Bawa draft revisian sebelumnya.

Saat bimbingan, mahasiswa sudah menyelesaikan revisi dari draft sebelumnya. Jadi akan lebih baik, bawa draft yang lama, dan bisa ditunjukkan jika diminta, atau dosen lupa menulis komentar apa.

3. Bawa Jurnal penunjang atau penelitian terdahulu

Saat bimbingan, mahasiswa membawa literatur penunjang ketika akan menarasikan hasil atau membuat pembahasan. Literatur tersebut bisa berupa artikel ilmiah dari jurnal, atau buku teks.

4. Membawa log Penelitian

Saat bimbingan, mahasiswa membawa log penelitian. Log book itu semacam buku harian penelitian, dimana cara kerja, print out hasil, dan analisis, semua dicatat dan ditempel di situ.

5. Mencatat Hasil Bimbingan

Saat bimbingan, catat semua masukan yang diberikan. Lalu bisa janjian lagi kapan untuk pertemuan berikutnya. Dan kerjakan apa yang disarankan mulai hari itu juga, setelah keluar ruangan dosen. Jangan tunda-tunda waktu.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kenapa Akun Medsos Kita Bisa Dihack? Ini Penyebabnya

Previous article

Peran Pesantren dalam Memperkokoh Toleransi Kebangsaan

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.