Kerupuk, Makanan Ringan yang Berat Tapi Bermanfaat (Foto: grid.id)
Kerupuk, Makanan Ringan yang Berat Tapi Bermanfaat (Foto: grid.id)
KesehatanRagam Bangsa

Kerupuk, Makanan Ringan yang Berat Tapi Bermanfaat

5

ENERGIBANGSA.ID – Menyantap beberapa jenis makanan tertentu seperti nasi goreng, gado-gado, dan bakso sepertinya belum lengkap tanpa kerupuk. Bahkan komedian Alm. Olga Syahputra pun sempat diketahui membawa kaleng kerupuk untuk menu pendamping makanan saat pergi ke luar negeri.

Secara kasat mata, makanan renyah ini nampak begitu ringan sehingga sering dijadikan sebagai camilan. Namun apakah benar kerupuk se-ringan itu?

Berdasarkan informasi yang didapat dari lagizi.com, dalam 100 gram kerupuk atau enam buah kerupuk bulat ukuran biasa terdapat 476 kalori. Lebih lengkapnya meliputi 21,1 gram lemak, 71,3 gram karbohidrat, dan 0,1 gram protein. Sedangkan dalam satu buah kerupuk bulat terdapat 71 kalori, 3,3 gram lemak, 10,6 gram karbohidrat, dan 0,015 gram protein.

Kalori yang cukup tinggi harus diwaspadai karena dapat menyebabkan obesitas jika dikonsumsi terlalu banyak. Mengonsumsi 100 gram kerupuk setara dengan dua setengah piring nasi, karena di dalam 100 gram nasi putih hanya terkandung sekitar 175 kalori. Ternyata kerupuk tidak terlalu ringan ya, Sobat Energi.

Meski demikian, mengonsumsi kerupuk dalam jumlah yang wajar ternyata memiliki beberapa manfaat untuk tubuh lho, Sobat Energi. Berikut manfaat kerupuk telah dirangkum oleh energibangsa.id.

Menambah Energi Tubuh

Semarak lomba makan kerupuk (Foto: brilio.net)

Seperti telah disebutkan, kerupuk yang biasa kita konsumsi mengandung karbohidrat di dalamnya. Fungsi karbohidrat ini mampu menambah energi sehingga tidak mudah lemas. Jadi kalau makan nasi dengan lauk kerupuk artinya mendapat double energi dong? Haha.

Meningkatkan Massa Otot

Ilustrasi massa otot (Foto: mencegahpenyakit.com)

Selain karbohidrat, kerupuk juga mengandung protein yang mana bagus untuk massa otot. Protein yang terdapat dalam kerupuk mampu membantu meningkatkan massa otot sehingga menjadikan otot lebih kuat. Tapi harus tetap olahraga, ya!

Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa jenis kerupuk seperti kerupuk kulit dan kerupuk ikan diperkaya dengan kandungan kalsium. Nutrisi kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Tapi tetap diimbangi dengan konsumsi susu ya, Sobat Energi.

Menghilangkan Rasa Pedas

Ilustrasi ayam geprek pedas (Foto: ceritamedan.com)

Rasa pedas yang membakar lidah saat mengonsumsi ayam geprek atau nasi goreng dapat diatasi oleh kerupuk. Kandungan minyak dalam kerupuk mampu menetralisir rasa pedas sehingga rasa pedas akan berangsur hilang. Nah jadi tidak terlalu banyak minum hingga beser ya.

Mengusir Rasa Kesepian

Ilustrasi kesepian (Foto: kanalaceh.com)

Kerupuk cocok sekali dikonsumsi oleh Sobat Energi yang sedang kesepian karena LDR atau ditinggal gebetan. Saat sedang suntuk, cobalah mengunyah kerupuk kulit rambak maka niscaya seisi ruangan akan ramai riuh.

Nah itu lah beberapa manfaat kerupuk. Walaupun termasuk makanan ringan tapi tetap perhatikan jumlahnya ya sebab segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Ingin Sukses dalam Bisnis, Ikuti Tips dari CEO Amazon Ini

Previous article

Menyosong Masa Depan Cerah, Saatnya Milenial Berinvestasi

Next article

You may also like

5 Comments

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. I used to be able to find good info from your blog posts.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kesehatan