fbpx
Kabar Indonesia

Keren, Semarang Raih Predikat Kota Mahasiswa Terbaik Se-Indonesia 2020

SEMARANG, energibangsa.id – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hafid Abbas beserta tim berhasil menjadikan Kota Semarang meraih penghargaan sebagai Kota Mahasiswa Terbaik Pertama 2020. Penelitian tersebut dilakukan guna mengurutkan kota-kota mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hafid Abbas sebagai ketua dengan anggota Ahman Sya, Nadiroh, I Made Putrawan, Dede Rakhmat, Hidayat Sukro Muhab, dan Anggoro B Susilo menunjukkan jika Kota Semarang mendapat jumlah skor sebesar 17 dari beberapa penelitian yang telah dilakukan.

Tim peneliti menetapkan 5 variabel yang digunakan sebagai tolak ukur. Disebut Peneliti Pemeringkatan Kota-kota Mahasiswa di Seluruh Indonesia 2020 UNJ. 5 variabel tersebut terdiri dari jumlah kunjungan mahasiswa, peluang kerja, keamanan, rata-rata biaya hidup, dan kota dengan lebih dari tiga perguruan tinggi yang terakreditasi A menurut BAN PT.

Dari 5 variabel tersebut, Kota Semarang unggul dalam 2 variabel yaitu kunjungan mahasiswa dan keamanan kota. Sedangkan untuk 3 variabel lainnya Kota Semarang tercatat relative seimbang seperti kota-kota lainnya.

Dari variabel tersebut, Kota Semarang berhasil ditetapkan sebagai Kota Mahasiswa Terbaik Pertama 2020, kemudian diikuti oleh Solo, Surabaya, Denpasar, Malang, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Makassar.

Hendrar Prihadi selaku calon Walikota Semarang turut serta menanggapi pencapaian yang berhasil diraih oleh Kota Semarang. Hendi mengungkapkan bahwa hal tersebut sesuai dengan peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

“Sebenarnya ketertarikan mahasiswa dari luar kota untuk menuntut ilmu di Kota Semarang ini menggerakkan aktivitas ekonomi, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi,” ungkap Hendi.

“Maka adanya predikat tersebut menjadi sebuah hal yang positif, apalagi mengingat di Kota Semarang terdapat 63 perguruan tinggi sehingga layak disebut Kota Mahasiswa,” lanjutnya.

Pada periode kedepan, meningkatkan aksesibilitas wilayah-wilayah pendidikan di Kota Semarang menjadi salah satu fokusnya untuk menguatkan posisi Kota Semarang sebagai Kota Mahasiswa. Salah satu upayanya terlihat dari masuknya realisasi middle ring road Srondol – Sekaran dalam naskah visi misi pasangan calon petahana Hendi-Ita.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button