fbpx
Nasional

Keren, Pustakawan Asal Magelang Sabet Juara II Terbaik Nasional

MAGELANG, energibangsa.id – Magelang perlu berbangga hati, pasalnya pustakawan Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mampu menjadi juara II pustakawan terbaik tingkat nasional. Adalah Atin Istiarni, wakil Jawa Tengah yang mampu menyisihkan 30 pustakawan lain se-Indonesia dalam ajang Pustakawan berprestasi Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2020.

Atas prestasinya, Atin mengaku bangga dan bersyukur mendapat penghargaan tersebut. Bahkan, ia sama sekali tak menyangka mampu melewati sejumlah tes yang disyaratkan.

“Awal saya menjadi juara tingkat Jawa Tengah, dan akhirnya ikut lomba tingkat nasional. Alhamdulillah dapat juara dua,” kata Atin, Senin (26/10).

Dalam ajang tersebut, para pustakawan peserta lomba terlebih dulu mengikuti tiga tahapan tes, yakni tes kognitif, presentasi, dan wawancara.

Pada lomba itu, Atin mengangkat inovasi dengan judul ‘Kemas Ulang Informasi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa untuk Masyarakat Indonesia (KUI KIMMI)’.

Harapannya, dengan inovasi yang diusung dapat bermanfaat bagi masyarakat kedepannya. Selama ini, menurut Atin, hasil karya tulis ilmiah mahasiswa, kebanyakan hanya dikonsumsi kalangan civitas akademika dan kalangan akademisi saja.

“Padahal ada karya tulis ilmiah yang sangat potensial untuk diimplementasikan ke masyarakat. Seperti contoh, hasil penelitian mahasiswa Farmasi Unimma yang mengaplikasikan tanaman untuk obat herbal. Melalui KUI KIMMI, informasi ini akan sampai pada masyarakat,” kata Atin.

Kedepannya, Atin berencana untuk terus melakukan pengembangan dengan memantapkan lagi program KUI KIMMI. Rencana ini pun banyak didukung oleh sejumlah pihak.

“Beberapa testimoni dari masyarakat dan Dinas Perpustakaan memberikan respons yang sangat positif dengan hadirnya inovasi KUI KIMMI ini,” tuturnya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito pun tak kalah bangga dengan raihan wakil dari Kota Sejuta Bunga itu. Selain mengharumkan nama daerah, Atin juga menjadi motivator bagi kalangan seusianya untuk mendapatkan prestasi serupa atau malah di atasnya.

“Tentu sangat membanggakan. Harapannya prestasi ini bisa menjadi motivasi generasi kita, sehingga Kota Magelang tidak hanya dikenal sebagai daerah yang maju tetapi juga punya sumber daya manusia (SDM) luar biasa,” kata Sigit. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button