fbpx
Gaya Hidup

Keren, Kerajinan Enceng Gondok Desa Krandon Tembus Pasar Asia, Lho!

energibangsa.id—Enceng gondok merupakan salah satu tanaman yang hidup di perairan. Jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan air. Jika dilihat sekilas, enceng gondok berasa tak bernilai. Kebanyakan orang beranggapan enceng gondok adalah tanaman parasit atau pengganggu.

Namun kini tanaman yang yang kita anggap sebagai pengganggu tersebut bisa menjadi sebuah karya yang sangat cantik. Enceng gondok yang dikeringkan dapat menjadi peluang usaha, industri rumah tangga.

Keren, Kerajinan Enceng Gondok Desa Krandon Tembus Pasar Asia, Lho!

Beberapa produk yang dihasilkan dari enceng gondok antara lain seperti: tas wanita yang cantik, keranjang, tikar, serta kerajinan lainnya. Tentu saja hal ini menjadi potensi luar biasa, khususnya dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sayangnya, bisnis enceng gondok mengalami kendala di tengah pandemi ini. Omset yang dihasilkan pun dapat dipastikan menurun. Maklum, hampir semua usaha memang sedang lesu akibat pandemi ini.

Jadi trend fashion masa kini

Produk kerajinan enceng gondok sejatinya sangat menarik untuk dijadikan trend fashion masa kini. Tak jarang kalangan milenials menggemari produk-produk lokal itu. Apalagi jika desainnya yang unik, fashionable, tentu generasi milenial bakal memburunya.

Salah satu sentra kerajinan enceng gondok di Kabupaten Demak berlokasi di Desa Krandon Kecamatan Guntur. Kabarnya, kerajinan ini sangat diminati pasar luar negeri. Negara-negara tetangga seperti Jepang dan Asia lainya, menjadi salah satu tujuan penjualannya.

Keren, Kerajinan Enceng Gondok Desa Krandon Tembus Pasar Asia, Lho!

Hal itu sebagaimana diungkapkan Rozak (38), saat dikunjungi Mahasiswa KKN kelompok 26, Nurul Hikmah, bahwa kerajinan itu sangat diminati pasar luar negeri, seperti Jepang dan negara asia lainya.

“Sekarang sudah masa adaptasi baru, semoga segera bisa kirim kembali ke luar negeri. Kami yakin, enceng gondok ini bisa berjalan secara konsisten dan semakin melejit sehingga bisa tetap membantu perekonomian masyarakat sekitar,”harap Rozak, Rabu (5/11).

Related Articles

Back to top button