fbpx
Kabar Daerah

Keren !! Keluhkan Sekolah Online, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bantu Siswa Belajar dari Rumah

DEMAK, energibangsa.id — Salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler Dari Rumah (KKN RDR) angkatan ke- 75 UIN Walisongo Semarang, belum lama ini membantu siswa mengerjakan soal dan belajar dari rumah.

Bantuan mahasiswa KKN itu dilakukan di wilayah Desa Sriwulan RT 06 RW 05, Demak, sejak Selasa (27/10).

Latar belakang bantuan belajar di rumah yakni sudah kurang lebih 8 bulan semenjak pandemi Covid-19, siswa sekolah dasar diliburkan dari sekolah tatap muka.

Mereka menjalani proses pembelajaran dari rumah yang dibimbing guru melalui orangtua siswa atau wali murid dengan pembelajaran melalui group WhatsApp.

Guru memberikan materi berupa soal-soal latihan dan soal ujian. Tak khayal, orangtua siswa mengeluhkan anak mereka sulit memahami latihan soal yang diberikan guru. Sehingga banyak materi yang tertinggal.

Siswa kesulitan belajar

Tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk mengantisipasi kesulitan yang dialami siswa dan orangtua.

Arif, salah satu anggota KKN UIN Walisongo Semarang dari kelompok 26 membantu siswa secara rutin setiap seminggu tiga kali membantu mengerjakan soal soal latihan dan membimbing proses belajar dari rumah.

Harjanti, orangtua siswa, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami sebagai orangtua mengalami kesulitan dalam membimbing anak kami dalam kegiatan belajar di rumah. Terlebih anak-anak kami batasi dalam bermain HP, agar bisa fokus belajar”, jelas Harjanti.

Sementara itu, Guru kelas 2 SDN Sriwulan 03, Slamet sangat mengapresiasi kegiatan membantu belajar dari rumah tersebut.

“Apa yang digagas teman-teman Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo merupakan inisiatif yang perlu di apresiasi. Terlebih ditengah kondisi pandemi, siswa sulit memahami soal tanpa bimbingan guru secara tatap muka”, ujarnya. “Maka melalui beberapa program ini merupakan upaya membantu belajar dari rumah yang memberikan dampak semangat belajar siswa yang luar biasa”, imbuhnya (*)

Related Articles

Back to top button