fbpx
Kabar Daerah

Keren! Inilah Sederet Prestasi Pemprov Jateng di Tahun 2020

SEMARANG, energibangsa.id –  Sejumlah prestasi telah berhasil diraih oleh Pemerintah Provinsi Jateng selama tahun 2020. Semua prestasi ini merupakan hasil kerja keras Pemprov untuk memajukan Jateng dalam  berbagai bidang.

Raihan dan terobosan Pemprov Jateng selama 2020 dilakukan di berbagai bidang. Seperti bidang pendidikan, bidang transportasi, terobosan selama pandemi Covid-19 dan prestasi nasional.

Bidang pendidikan yaitu menggratiskan biaya sekolah bagi siswa SMA/SMK/SLB negeri pada tahun ajaran 2020/2021. Pembebasan SPP ini bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu.

“Program SPP gratis ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi siswa, mengurangi drop out dan mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah,” ungkap Ganjar.

Bentuk inovasi untuk mengurangi angka putus sekolah yaitu dengan adanya Sekolah Virtual. Sedangkan untuk pembelajaran tatap muka terdapat inovasi berupa Sekolah Cerdas Perempuan Masa Kini atau Serat Kartini.

Prestasi yang telah diraih Jateng dalam penghargaan nasional seperti meraih juara nasional penurunan kemiskinan. Selainn itu, OJK memberikan penghargaan kepada Jateng sebagai Provinsi Penggerak Program Inklusi Keuangan di bidang Pendidikan.

Tak hanya iu, BNPB juga memberikan penghargaan kepada Jateng sebagai provinsi yang berpartisipasi aktif dalam penanggulangan bencana. Jateng juga mendapat juara inovasi daerah dari Kemendagri. Selanjutnya, provinsi produksi berat tertinggi di Indonesia.

Terobosan saat pandemi Covid-19

Awal masuk Covid-19 di Indonesia juga ditanggapi dengan cepat oleh Ganjar. Seperti dengan menerbitkan surat edaran terkait peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi virus Covid-19 dan pendirian posko terpadu.

Salah satu program dari Pemprov Jateng yang mendapat sorotan yaitu program Jogo Tonggo. Program ini memaksimalkan peran masyarakat dalam kesehatan, ekonomi, sosial, keamanan dan hiburan.  Maka dari itu, program ini meraih Top 21 Inovasi Pelayanan Publik.

Pemprov Jateng juga menyiapkan puluhan rumah sakit rujukan untuk kasus Covid-19. Tak hanya itu juga dilakukan pembagian masker, pembagian bansos dan lainnya. Ganjar juga memanfaatkan akun Instagramnya untuk menjual prodduk UMKM dengan program LapakGanjar.

Terobosan lain yang dilakukan Pemprov Jateng selam pandemi yaitu dengan mengadakan gelaran kesenian Panggung Kahanan. Selain itu yaitu sekolah virtual, UMKM Virtual Expo (UVO) dan lainnya. Pemprov Jateng tak kehabisan akal untuk tetap terus membantu rakyatnya walaupun di tengah pandemi sekalipun.

Dalam bidang transportasi, Gnajar mengupayakan aglomerasi angkutan umum yang menghubungkan sejumlah wilayah. Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng rute Purworejo-Magelang diluncurkan pada 1 September 2020.

Rute Solo-Sragen juga diluncurkan pada 3 September 2020. Pada 15 Oktober 2020, BRT rute Semarang-Kendal juga menambah rute sampai Kawasan Industri Kendal. Tentunya BRT Trans Jateng yang disiapkan oleh Pemprov memiliki tarif yang ramah di kantong.

Di penguhujung tahun, Pemprov Jateng memperoleh prestasi juara umum penghargaan antikorupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jateng langsung mendapat empat penghargaan dalam pengelolaan LHKPN dan pengendalian gratifikasi terbaik. (*)

Related Articles

Back to top button