fbpx
Wisata & Kuliner

Keren, Inilah Deretan Desa Terkaya Se-Indonesia!

ENERGIBANGSA.ID —  Kesadaran desa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam proses mengembangkan potensi yang ada. Tak bekerja sendirian, desa juga kini dibantu oleh program pemerintah pusat berupa transfer ke daerah dan desa (TKDD).

Memaksimalkan potensi lalu mengubah pendapatan rendah menjadi tinggi telah berhasil direalisasikan oleh Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali. Desa Ponggok, Klaten, jawa Tengah. Kedua desa  itu bisa jadi contoh daerah yang berhasil kembangkan potensi pariwisatanya.

Desa Kutuh

Badan Usaha Milik Desa Adat (BUMDA) secara keseluruhan memiliki 9 unit usaha. Terdiri dari Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Wisata Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Unit Piranti Yadya, Transportasi, Jasa Konstruksi Karya Undagi, dan Atraksi Wisata  Khusus Timbis Pragliding serta Seni dan Budaya.

Selain unit-unit usaha, desa juga memiliki Layanan Wisata Edukasi dan Kemitraan, Layanan Keamanan dan Ketertiban Wilayah, dan Layanan Jaminan Asuransi dan Kesehatan untuk membantu kebutuhan pariwisata desa.

“Dalam dua tahun berjalan, Desa Kutuh dapat mencetak laba bersih dalam tahun kemarin hingga Rp. 14,5 miliar dan pendapatan total tidak kurang 50 M. Kolaborasi di internal pengelola  untuk ke depan yang lebih baik,” tutur Kepala Desa Kutuh I Wayan Purja

Desa Ponggok

Membangun desa dengan kolaborasi akademisi dan kepala desa berhasil mengoptimalisasi potensi sumber daya alam. Desa Ponggok yang dulunya hanya berpendapatan 80 juta kini naik menjadi 3,9 Miliar dan BUMDesnya mencapai 14 Miliar per tahun.

Keberhasilan ini mendapatkan pujian dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Desa Ponggok yang berhasil memaksimalkan dana untuk memaksimalkan untuk menunjang pariwisata berupa sanitasi, drainase, MCK, jalan desa hingga area parkir.

“Pendapatan dalam setahun sebanyak 14 Miliar. Mampu mengubah potensi desa sekaligus keberadaan ekonomi masyarakat.

Jokowi juga mengajak desa-desa di Indonesia bisa meniru apa yang telah diimplementasikan oleh Desa Ponggok, Kabupaten Klaten.

“Apapun keunggulannya, semua desa di Indonesia bisa meniru konsep Desa Ponggok,” ucapnya.

Deretan desa dengan penghasilan tertinggi di Indonesia bisa kamu tiru di daerah tempat tinggalmu. Apapun potensinya, melihat perkembangan Desa Kutuh dan Ponggok akan membantu ekonomi sekitar. Mari kita coba, ciaaw. (Fadli/EB).

Related Articles

Back to top button