fbpx
Kabar Daerah

Kepala Kesbangpol Jateng Tekankan Kolaborasi Pemerintah & Stake Holder Guna Cegah Radikalisme

SEMARANG, energibangsa.id—Radikalisme dapat ditangkal dengan upaya preventif. Dimana, peran pemerintah sangat penting dalam melakukan pencegahan itu.

Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpol Jateng, Haerudin, dalam Workshop yang diselenggarakan UNDP Indonesia Selasa (19/1/2021).

Haerudin dalam workshop bertema ‘Peran dan Tanggung Jawab Pemerintah Daerah dalam Penanggulangan Ekstremisme’ itu mengatakan, radikalisme dapat ditangkal dengan upaya preventif.

“Menangkal radikalisme dapat dilakukan dengan upaya preventif kepada mereka yang belum terlibat dalam gerakan radikalisme. Sedangkan, kuratif bagi mereka yang mulai tertarik gerakan radikalisme,” ungkapnya.

Preventif, seperti dikatakan Haerudin, yakni dengan menanamkan jiwa nasionalisme, berpikir terbuka dan toleran. Ia juga mengajak pemuda agar tak mudah terprovokasi dan berjejaring komunitas yang positif untuk perdamaian.

Pentingnya Sinergi & kolaborasi

Untuk itu peran pemerintah daerah perlu adanya kolaborasi dan sinergitas dengan komponen masyarakat serta stake holder lain sehingga pelaksanaanya lebih efisien serta lebih efektif.

“Perlu adanya sinergitas dan keterpaduan dalam penanganan radikalisme dan terorisme peran pemda, Intelijen, aparat keamanan,tokoh agama dan nasyarakat” jelasnya.

Secara kuratif Haerudin menerangkan, Kesbangpol Jateng memiliki langkah yang strategis dengan serangkaian program kegiatan yang signifikan untuk deradikalisasi.

“Program kegiatan tersebut adalah reintegrasi sosial dan pemberdayaan bagi napiter yang telah siap dan penguatan wawasan kebangsaan terhadap eks napiter,” pungkasnya. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button