fbpx
Kabar Daerah

Kepala Dinas Kesehatan Jateng: Kasus Covid-19 di Jateng Menurun, Tak Ada Zona Merah

SEMARANG, energibangsa.id—Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo pada rapat evaluasi Covid-19 bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyampaikan, kasus Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) cenderung terus menurun.

Kata Yulianto, kini sudah tak lagi ada kabupaten/ kota yang masuk kategori resiko tinggi atau zona merah. Hal itu disampaikan di Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Semarang, Senin (22/2/2021) lalu.

Dijelaskan, angka kasus positif Covid-19 saat ini sebanyak 7.300 kasus, mengalami penurunan dibandingkan pekan lalu sebanyak 8.230 kasus.

Kasus yang menurun

Demikian pula dengan tingkat kematian atau  Case Fatality Rate (CFR) juga menurun. Sedangkan tingkat kesembuhan Recovery Rate (RR) juga mengalami peningkatan.

“Tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jateng juga terus menurun, untuk ICU hanya 38,0 persen dan tempat tidur isolasi hanya 33,01 persen,” katanya.

Usulan menutup ruang isolasi

Yulianto, melanjutkan, kondisi menurunnya pasien ini membuat banyak rumah sakit mengusulkan menutup ruang isolasi pasien Covid-19.

Mereka ingin menjadikan ruang isolasi sebagai ruangan untuk perawatan pasien umum.

“Sudah banyak yang mengajukan untuk menutup tempat isolasi Covid dan memindahkan untuk perawatan non Covid-19, karena memang jumlahnya terus menurun,” ucapnya.

Jangan terburu-buru

Terkait hal itu, Gubernur Ganjar meminta pihak rumah sakit tak terburu-buru menutup ruang isolasi.

Jika memang jumlah ruang isolasi yang tidak terpakai cukup banyak, rumah sakit supaya menyiapkan ruangan itu sebagai cadangan penambahan tempat tidur ICU.

“Saya minta rumah sakit tidak tergesa-gesa menutup. Khawatir gelombang pertama Covid-19 turunnya bagus, tapi tetap muncul gelombang kedua,” tegasnya.

“Harus tetap berjaga-jaga, kalau terjadi gelombang kedua. Meskipun sekarang tingkat keterisian tempat tidur rendah, tapi jangan terburu-buru ditutup,” tegasnya. (*)

Related Articles

Back to top button