fbpx
Pendidikan

Kepada Mahasiswa Unika Atma Jaya, Wapres Ingatkan Pentingnya Toleransi

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)—Dalam sambutan pembukaan Pengenalan kampus Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Tahun Akademik 2020/2021 bertema ‘Membangun Kepedulian, Merajut Kebhinekaan’, Senin (31/8), Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin mengingatkan tentang pentingnya mengedepankan sikap toleransi.

Apalagi, menurut nya, kampus Unika sebagai perguruan tinggi yang akan mencetak calon cendekiawan diharapkan menjadi model bagi masyarakat tentang toleransi.

“Saya yakin Unika Atma jaya juga akan mendidik Sahabat Atma menjadi cendikiawan yang mempunyai sikap toleransi, cinta kepada sesama, berjiwa nasionalisme, patriotisme dan bela negara,” ujar Ma’ruf.

Sebagai bangsa yang majemuk, kata mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden semasa Susilo Bambang Yudhono itu, Indonesia rentan terjadi intoleransi.

Oleh karena itu, kampus dan para civitas akademika, harus mampu berperan dalam menjaga toleransi di kalangan masyarakat.

Sebab para pendiri bangsa ini telah sepakat untuk membangun Indonesia sebagai negara yang menjamin kemajemukan.

Kepedulian dan toleransi, nilai Ma’ruf,  bisa dimulai dari kampus. Ia pun berharap dalam pengenalan kampus, mahasiswa diajak  membangun kepedulian terhadap kampus dan lingkungan sekitar, dan mengedepankan toleransi dalam beraktivitas di kampus.

Wapres juga berharap seluruh mahasiswa yang berkesempatan menikmati jenjang pendidikan tinggi di Unika Atma Jaya, dapat membawa perubahan, lebih baik dan menjadi panutan di masyarakat.

“Saya berharap Sahabat Atma dapat menjadi agen perubahaan dan role model  di lingkungan masyarakat dengan penerapan Ilmu, pengetahuan, dan keteladanan serta an mampu menjalankan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Ia juga mendorong Kampus Unika berperan dalam meningkatkan kapasitas masyarakat, berinovasi, dalam rangka menghasilkan SDM yang unggul yaitu SDM yang cerdas, sehat, produktif, berdaya saing, dan berakhlak.

Sebab, visi Indonesia ke depan adalah Indonesia Maju dengan mencetak SDM yang unggul dalam ilmu dan pengetahuan.

“Pendidikan harus menghasilkan kompetensi dan juga karakter yang baik, berakhlak mulia, dan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi,” ungkapnya dilansir energibangsa.id dari republika.com

Di akhir sambutannya, Ma’aruf tak lupa meminta seluruh civitas akademika Unika Atma Jaya untuk disiplin protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19, dengan mengikuti pembelajaran jarak  jauh, mengenakan masker saat di luar, dan rajin mencuci tangan dengan sabun. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button