Ragam Bangsa

Kenapa Umbul-umbul Tidak Berwarna Monokrom?

ENERGIBANGSA.ID – Karena monokrom adalah salah satu judul lagunya Tulus. Hehe, bercanda ya.

Umbul-umbul adalah bendera berwarni-warni yang biasanya dipasang di sepanjang jalan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan atau perayaan adat budaya tertentu. Dengan ujung yang bendera yang meruncing dan diikat pada tiang bambu, umbul-umbul selalu menjadi daya tarik yang memanjakan mata.

Contohnya pada saat ini, menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, masyarakat beramai-ramai mendekor jalanan dengan ragam umbul-umbul berwarna hijau, biru, putih, merah, dan kuning.

Tahukah kamu, setiap warna yang terdapat dalam umbul-umbul ternyata memiliki maknanya tersendiri. Kalau Sobat Energi belum tahu, yuk baca sampai selesai ya!

Hijau

Warna hijau memiliki arti keberuntungan. Dahulu ketika perang antar kerajaan berlangsung, mereka biasanya membawa umbul-umbul sebagai tanda peperangan. Salah satu umbul-umbul itu berwarna hijau, yang dimaksudkan agar mereka meraih keberuntungan untuk memenangkan peperangan sehingga meraih kejayaan.

Biru

Warna biru bermakna kesuburan. Indonesia adalah salah satu negara yang kaya karena diberkati dengan beragam kekayaan hasil bumi untuk dinikmati oleh seluruh rakyatnya. Oleh karena itu pemasangan umbul-umbul berwarna biru adalah sebagai pengharapan agar Nusantara terus diberikan kenikmatan itu melalui kesuburan pertanian, perikanan, dan sumber daya lainnya.

Putih

Warna putih adalah simbol kesucian. Pada masa kerjaan dulu, bendera putih sering dipasang saat sedang diadakan upacara keagamaan atau upacara adat. Bukan seperti bendera putih yang menandakan sikap menyerah pada lawan seperti adat barat, bendera putih di Indonesia memiliki arti yang lain. Warna putih dilambangkan sebagai jiwa manusia yang suci dan tenteram.

Merah

Warna merah mengandung arti kekuatan dan keberanian. Sama seperti salah satu warna bendera kenegaraan Indonesia, warna merah adalah perwujudan dari sikap bangsa Indonesia yang berjuang mewujudkan kemerdekaan dan melawan penjajahan. Warna merah yang membara adalah gambaran semangat bangsa yang penuh keberanian dan tekad yang kuat.

Kuning

Warna kuning melambangkan kemakmuran dan keadilan. Para pahlawan telah bersusah payah dan berjuang sekuat tenaga guna mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan itu berbuah kemakmuran dan kesejahteraan untuk bangsa Indonesia. Hal itu bukanlah hasil yang instan, sehingga untuk menghargai jasa-jasa mereka, dipasanglah umbul-umbul berwarna kuning. Maknanya adalah agar kemakmuran dapat terus dirasakan oleh seluruh bangsa hingga akhir kehidupan.

Nah, sekarang Sobat Energi jadi lebih tahu kan kenapa umbul-umbul yang sering kita lihat memiliki beragam corak warna, bukan hitam putih monokrom seperti boneka monokurobo. Lagi pula kalau umbul-umbulnya berwarna monokrom, nanti jadi bingung dong, ini mau perayaan atau mau promo acara talkshow-nya Deddy Corbuzier?

Related Articles

Back to top button