pns
Sudahkan PNS menjadi SDM yang mumpuni dalam kemajuan bangsa?
Essai

Kenapa Orang Tua Ingin Anaknya Jadi PNS?

0

Oleh : Thea Fathanah Arbar *

ENERGIBANGSA.ID – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dibuka. Dorongan orang tua terhadap anaknya untuk ikut mendaftar makin besar dan kuat. Padahal belum tentu juga anaknya mau menjadi PNS.

Pertanyaannya, mengapa kebanyakan orang tua bersikeras meminta anaknya untuk bekerja sebagai PNS? Kami mewawancarai 3 orang tua mengenai pandangan mereka terhadap pekerjaan sebagai PNS.

Pak Nurdin (52) asal Medan mengatakan kepada kami lewat telepon bahwa menjadi PNS bisa membuat hidupmu terjamin, “Anak saya cuma satu, perempuan. Saya pengen anak saya jadi PNS biar hidupnya terjamin sampai tua. Kalau misalnya, amit-amit, suaminya enggak bisa nafkahin dia, setidaknya ia bisa nafkahin dia dan anak-anaknya.”

Berbeda dengan Pak Tarnizi (60) asal Riau (lewat telepon juga), beliau mengatakan ada kebanggaan tersendiri ketika anaknya menjadi PNS. “Kalau aku sih rasanya bangga punya anak PNS,” ujarnya.

Untuk Pak Tarmizi yang tinggal bukan di Ibu Kota, anggapan pekerjaan PNS membuat bangga memang sudah lumrah. Kebanyakan orang tahunya pekerjaan PNS adalah pekerjaan paling mewah dan keren yang ada di muka bumi. Mereka mana perduli dengan pekerjaan sebagai creative director atau social media specialist atau HRD.

Sedangkan Ibu Mujiati (48) asal Depok mengatakan pada kami bahwa menjadi PNS tidak akan mudah diPHK, “Anak saya udah beberapa kali dipecat dari kerjaannya, makanya saya bilang, ‘Udah PNS aja sana’ tapi dia tetep gak mau, padahal kesempatan kerja enak udah gampang banget jadi PNS.”

Sebelumnya, kita mengetahui ada banyak keuntungan bekerja menjadi PNS. Kalau dijabarkan, minimal ada 7 keuntungan yang paling diincar orang-orang. Pertama, pendapatan (gaji) tetap dan malah cenderung naik. Gimana enggak senang orang kerja hanya 8 jam tapi penghasilannya tetap tiap bulan.

Kedua, aman dari PHK. Kalau memang ada lembaga pemerintah yang dibubarkan, kamu bisa pindak ke lembaga lain. Ketiga, mendapatkan uang pension. Intinya kamu kerja jadi PNS digaji seumur hidup.

Keempat, kemudahan pinjaman di bank. Mereka bisa menjaminkan surat keterangan pengangkatan yang disebut SK PNS ke bank, nanti dana pinjaman itu akan dipotong dari gaji mereka setiap bulannya. Jadi kamu bisa bangun rumah, menyekolahkan anak dengan mudah.

Yang kelima, kemudahan sekolah lagi. Sebagai PNS, kesempatan untuk menuntut ilmu akan terbentang lebih luas. Banyak beasiswa dari dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan kesempatan khusus untuk PNS.

Sedangkan yang keenam, kamu bisa punya kemungkinan pindah instansi atau lokasi kerjaan tanpa harus resign atau mengundurkan diri. Emang ribet sih ngurusin dokumennya, tapi katanya hal ini umum terjadi di dunia per-PNS-an.

Lalu yang terakhir, waktu luang untuk mengerjakan hal lain atau membuat bisnis lebih terbuka. Kerja jadi PNS cuma 8 jam, pukul 08.00 – 16.00 saja dan weekend libur, jadi kamu masih punya waktu luang yang banyak untuk mengerjakan dan melakukan hal-hal yang kamu suka.

Ya dibalik itu, tidak semua orang senang bekerja sebagai PNS walaupun tahu ada banyak keuntungannya. Namanya passion ya enggak bisa dipaksa lah ya. Namun kita tahu bahwa orang tua ingin yang terbaik untuk anak-anaknya, walaupun itu memaksakan anaknya bekerja sebagai PNS.

* Thea Fathanah Arbar, Homebody and introvert, also a journalist, digital reporter on CNBC Indonesia.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Cita-Cita Mulia dan Jika Kau Gagal CPNS

Previous article

Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Bahwa PNS Bisa Tetap Gajian Tanpa Keluar Rumah

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Essai