Ragam Bangsa

Kenapa Orang Cerdas Jarang Jadi Juara Kelas?

ENERGIBANGSA.ID – Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa teman kita yang cerdas ranking-nya di kelas biasa-biasa saja, padahal secara level kecerdasan dan daya pikir dia tidak kalah dengan bintang kelas.

Ada beberapa alasan, namun yang harus dipahami adalah, orang cerdas berbeda dan berbanding terbalik dengan orang pandai atau orang pintar. kenapa?

Orang cerdas, biasanya menggunakan otak kanan, ada semacam perpaduan antara daya pikir kreatif dan keberanian gagasan yang membuat pemikirannya out of the box, bahkan kadang-kadang tidak linear.

Sedangkan orang pandai atau orang pintar, rata-rata menggunakan otak kiri, yang dipikirkan adalah logic, sistematis, berurutan, dan juga sangat hafal dengan detail alur text book.

Lalu, kembali pada pertanyaan “kenapa orang cerdas jarang sekali menjadi juara kelas?” jawabannya mungkin adalah beberapa hal berikut ini :

1. karena orang cerdas tidak peduli tentang nilai, apalagi pengakuan dari teman / guru / pembimbing / sejenisnya.

2. Orang cerdas gak tidak se-ambisius orang pandai. (Jangankan ambisius, belajar saja kalau tidak yang dia suka / hal yang membuat dia tertarik, dia tidak belajar)

3. Orang cerdas tahu apa yang dia lakukan, bukan semata untuk nilai atau ranking semata, tapi lebih ke pengetahuan untuk keperluan jangka panjang, fungsi atau nilai guna, bahkan inovasi-inovasi diluar ekspektasi orang pandai (yang kebanyakan orang pandai bilang “ah, tidak mungkin. Secara logika & ilmu pengetahuan hal tersebut sangat tidak masuk akal, dsb)

4. Orang cerdas tidak melihat dunia, tapi dunia lah yang melihat dia. Inilah yang kadang-kadang membuat orang cerdas justru memilih kuliah / sekolah di tempat biasa saja, karena tugas dia adalah “membuat kampus / sekolahnya terkenal karena dirinya” bukan “dia terkenal karena (nama besar) kampus / sekolahnya”

5. Orang cerdas lebih sering dengar pernyataan “kamu kenapa males banget sih?” , karena pada dasarnya mereka sangat terganggu ketika proses belajarnya di lihat oleh orang lain atau orang banyak (lebih suka belajar dengan suasana hening)

Demikian adalah jawaban dari tim energibangsa.id kenapa orang cerdas justru nampak biasa-biasa saja di kelas, namun ketika sudah lulus dia bisa melejit tanpa batas. Salam otak kanan!

Related Articles

Back to top button