fbpx
Ragam Bangsa

Kenapa Kita Harus Menghemat Energi?

ENERGIBANGSA.ID – Jika dilihat dari jumlah penggunaan bahan bakar, listrik, air, dan segala bentuk sumber daya yang dimiliki, sepertinya banyak dari kita yang tidak menggunakannya secara efisien dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu tim energi bangsa mengumpulkan beberapa alasan kenapa kita harus menghemat energi.

Kenapa kita harus menghemat energi? alasannya adalah sebagai berikut: menghemat uang dan mengurangi pengeluaran, mengurangi polusi, menjaga sumber daya alam, dan tentunya juga merawat barang elektronik kita.

Penghematan energi, misalnya energi listrik, sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan.  

Dilasir dari brainly, beberapa manfaat menghemat energi adalah:
1. Menghemat uang dan mengurangi pengeluaran

Bila kita menghemat penggunaan listrik maka kita akan membayar lebih sedikit untuk biaya listrik. Sebaliknya semakin boros penggunaan listrik maka semakin besar pula jumlah kwh (kilowatt hour) dari listri kita per bulan dan semakin besar biaya listrik kita.

2. Mengurangi polusi

Polusi meningkat baik karena penggunaan alat listrik maupun penggunaan bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor.  

Bila kita boros listrik maka alat listrik akan menimbulkan polusi seperti panas, bising dan asap. Sementara itu semakin banyak kita menggunakan kendaraan bermotor, semakin banyak pula bahan bakar minyak yang harus dibakar.  

3. Menjaga sumber daya alam

Semakin banyaknya batu bara atau minyak yang harus dibakar oleh pembangkit listrik, atau digunakan dalam kendaraan bermotor, berarti semakin cepat pula deposit batu bara atau minyak akan habis. Ini akan menyebabkan batu bara atau minyak semakin susah didapat dan harga nya semakin mahal.

Sebaliknya bila kita menghemat energi, maka kita dapat mengurangi habisnya sumber daya alam ini.

4. Merawat kerusakan alat elektronik

Alat elektronik yang dipakai berlebihan akan mudah rusak. Misalnya adalah pendingin ruangan yang terus menerus menyala akan mengumpulkan debu dan kotoran yang menganggu kinerjanya.  

Selain empat alasan di atas, yang paling penting adalah kita bisa memilih bahan bakar yang memang efektif, efisien, dan ramah lingkungan. Demikian adalah alasan kenapa kita harus berhemat dalam penggunaan energi. Apakah sobat energi mau menambahkan yang lainnya?  

Related Articles

Back to top button