fbpx
KesehatanRagam Bangsa

Kenapa Harus Cuci Tangan Setelah Pakai Toilet?

ENERGIBANGSA.ID – Aktivitas mencuci tangan kelihatannya nampak sepele ya, Sobat Energi. Padahal, sebenarnya mencuci tangan dapat membantu menjaga kebersihan dan menghindarkan tubuh kita terjangkit kuman, lho.

Selain sebelum dan setelah makan, cuci tangan juga wajib kalian lakukan setelah menggunakan toilet, terutama toilet umum. Namun, dilansir dari timesofindia, terdapat 31 persen pria dan 65 persen wanita yang melakukan cuci tangan setelah menggunakan toilet umum. Duh! Apakah mencuci tangan terlalu sulit untuk dilakukan?

Sesuai nama dan fungsi dari toilet umum, tempat ini pastilah digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kondisi kesehatan yang tidak kita ketahui. Ketika kita membuka gagang pintu toilet, flush untuk menyiram, atau gayung dan keran air, jutaan bakteri bisa berada di sana.

Beberapa bakteri dapat hidup hingga dua jam di permukaan benda yang mereka hinggapi. Meskipun tangan kalian terlihat bersih, namun apabila pemakai toilet sebelum kalian sedang sakit, maka bakteri yang ada padanya dapat menular. Tak hanya itu, lantai yang kotor, penggantian popok bayi, dan pembalut wanita juga patut diwaspadai.

Virus, parasit, dan bakteri adalah organisme mikroskopik yang tidak kasat mata, sehingga kita tidak akan pernah tahu siapa saja yang sedang sakit di sekeliling kita.

Apabila Sobat Energi tidak mencuci tangan selepas menggunakan toilet umum, bakteri-bakteri tersebut dapat menempel di tangan dan mudah untuk ditularkan kepada orang lain, salah satunya melalui sentuhan. Perlu diketahui, tangan adalah salah satu tempat ternyaman bagi kuman dan bakteri.

Tidak hanya memberikan efek berantai apabila kita melakukan kontak fisik dengan orang lain, bakteri yang menempel di tangan juga dapat memberikan pengaruh negatif pada tubuh kita sendiri. Ketika kita mengucek mata, menyentuh kulit wajah, dan mengambil makanan yang akan dikonsumsi, bakteri tersebut dapat memperburuk kondisi tubuh.

Maka dari itu, jangan malas cuci tangan dong, Sobat Energi. Hanya butuh waktu sekitar 20-30 detik, kita turut menjaga kebersihan dan kesehatan bersama, lho. Oh ya, jangan lupa pakai sabun!

Related Articles

Back to top button