fbpx
Gaya Hidup

Kenapa Durian Bisa Berbau Sangat Tajam?

ENERGIBANGSA.ID–Bagi pecinta durian, bau durian sangat manis dan menggugah selera. Lain halnya dengan mereka yang tidak menyukai durian. Tentu, akan mengatakan bau durian seperti campuran penyembuh luka, dicampur bawang dan kaos kaki.

Maksudnya adalah, bau durian yang sangat tajam dan susah untuk dideskripsikan itu bisa tercium dari jarak yang cukup jauh.

Penelitian ahli

Melansir dari Smithsonian Magazine, dalam sebuah studi baru oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, sekelompok ilmuwan dari Pusat Penelitian Kimia Pangan Jerman telah mencoba untuk mencari tahu bagaimana sebenarnya buah tersebut menghasilkan bau yang begitu kuat.

Dalam mengurai ekstrak aroma, yang diambil dari durian Thailand, dengan spektrometer massa dan kromatograf gas, tim, yang dipimpin oleh Jia-Ziao Li, menemukan 50 senyawa berbeda dalam buah yang menyebabkan aromanya yang tidak biasa.

Senyawa tersebut termasuk delapan senyawa yang belum pernah terdeteksi pada durian sebelumnya. Dan empat senyawa yang sama sekali tidak diketahui sains.

Keunikan durian

Analisis mereka menunjukkan bahwa itu bukan senyawa tunggal. Melainkan campuran berbagai bahan kimia yang menghasilkan bau busuk buah.

Senyawa-senyawa tersebut diidentifikasi dengan rumus kimianya, yang mungkin tersembunyi bagi siapa pun yang tidak memiliki gelar dalam kimia organik (1- {sulfanyl} ethanethiol, misalnya). Tetapi tim peneliti mengaitkan masing-masing senyawa dengan bau tertentu.

Yang menarik adalah tidak ada satu pun senyawa yang secara individual tampak cocok dengan ciri khas aroma durian produk tersebut sangat beragam dan menyertakan label seperti fruity, skunky, metallic, rubbery, bawang panggang, bawang putih, keju, bawang bombay, dan madu.

Beberapa di antaranya telah terdeteksi hanya dalam beberapa zat lain, seperti daging sapi yang dimasak, ekstrak ragi, cumi kering, dan daun bawang.

Entah bagaimana, kombinasi dari 50 bahan kimia ini menghasilkan aroma kuat yang telah memikat dan membuat jijik orang di seluruh dunia.

Bahkan selain baunya, durian adalah keajaiban ilmiah. Menurut sebuah penelitian di Jepang tahun 2009, ekstrak durian sangat menghambat enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH), yang digunakan oleh hati untuk memecah alkohol.

Ini mungkin menjelaskan sebagian dari cerita rakyat tradisional Asia bahwa mabuk saat makan durian dapat menyebabkan kematian. (ARA/ EB)

Related Articles

Back to top button