Kesehatan

Kenali Tanda Penyakit pada Rambut Sejak Dini

ENERGIBANGSA.ID – Masyarakat sering mengeluh tentang masalah rambut yang sering dialami sampai terkadang membuatnya merasa tidak percaya diri ketika berpenampilan karena merasa sangat terganggu. Tak jarang masyarakat sering mengabaikan atau bahkan tidak mengetahui bahwa itu merupakan pertanda dini yang harus diperhatikan.

Tahukah Sobat Energi? Bahwa masalah rambut yang sering terjadi ternyata menandakan adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh yang harus segara di atasi untuk meminimalisirkan dampak penyakit yang ditimbulkan. Rambut sendiri berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari dan hawa dingin.

Masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kering, ketombe dan berbagai masalah rambut lainnya yang diakibatkan dari kebiasaan sering gonta-ganti shampoo atau terlalu lama terkena sinar matahari padahal sering merawat rambut tetapi cara yang dilakukannya tidak benar.

Untuk itu Tim Energi bangsa merangkum beberapa penyakit yang ditimbulkan dan cara mengatasi dengan memanfaatkan sayuran yang sering di temukan di lingkungan sekitar.

Rambut rontok
Rambut kering dan rontok menandakan gangguan pada kelanjar tiroid yang merupakan kelenjar untuk mengontrol dan mempengaruhi pertumbuhan rambut, kalo terganggu rambut juga akan mengalami masalah. Rambut rontok juga pertanda gejala anemia atau kekurangan zat besi, apalagi bagi wanita yang mengalami pendarahan hebat saat menstruasi. Dapat diatasi dengan mengkonsumsi selada merah,buah bit, bawang merah,bawang putih untuk mencegah rambut rontok dan membuat rambut lebih kuat.

Rambut Beruban
Rambut beruban karena bukan faktor usia yang sudah tua tetapi anak-anak juga bisa beruban karena tanda pengaruh dari mengalami stress. Untuk itu dapat diatasi dengan sayuran yang ada di sekitar yaitu bayam, kacang panjang, dan sayuran yang berwarna hijau karena mengandung pigmen untuk mencegah timbulnya uban dan menjadikan rambut sehat.

Rambut Tipis
Rambut tipis menandakan bahwa kekurangan protein sehingga ketebalan rambut yang dimiliki menjadi menipis dan lama kelamaan akan rontok. Dengan mengkonsumsi wortel, ubi,seledri, dan tomat dapat membantu meregenerasi rambut, menutrisi sel-sel rambut yang rusak dan membuat rambut menjadi lebih halus. Atau bisa makan kacang-kacangan yang banyak mengandung protein.

Ternyata masalah rambut yang sering terjadi dapat menandakan penyakit. untuk itu perlu adanya perhatian khusus untuk merawat rambut dimulai dari hal kecil seperti mau makan sayuran terlebih dulu untuk meminimalisirkan dampaknya. Dan perlu dihimbau untuk konsul ke dokter jika tidak menemukan jalan keluar atau masih saja tidak berhasil untuk mengatasi masalah rambut.

Related Articles

Back to top button