Dunia

Kembali Menang Lawan Corona, Begini Kata Perdana Menteri Selandia Baru

SEMARANG, energibangsa.id — Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyatakan negaranya telah kembali berhasil mengalahkan virus corona. Keberhasilan kali ini, menurut Ardern, sekaligus melonggarkan pembatasan di kota Auckland.

Setelah menerapkan lockdown ketat skala nasional sejak akhir Mei, negara dengan julukan Negeri Kiwi ini berhasil menaklukan COVID-19 dimana warga dapat menikmati 102 hari tanpa penularan virus di masyarakat.

Akan tetapi, kasus baru sempat muncul di Auckland pada Agustus lalu yang menyebabkan pemerintah kembali melakukan lockdown di kota tersebut selama hampir tiga pekan.

Ardern mengatakan, setelah 12 hari tanpa kasus baru dikonfirmasi di Auckland artinya virus sudah terkendali. Ia juga memberikan selamat kepada warga yang turut andil dan bertahan dalam lockdown kedua.

“Rasanya lebih lama dan berlarut-larut, sudah mulai terasa seperti tahun yang sangat panjang,” ujar Ardern dalam konferensi pers, mengutip AFP, Senin (5/10).

“Namun terlepas dari ini, warga Auckland dan Selandia Baru tetap berpegang pada rencana yang sudah berhasil sebanyak dua kali saat ini, kita kembali mengalahkan virus,” jelasnya.

Auckland akan menyusul daerah lainnya di Selandia Baru yang telah lebih dulu diberlakukan peringkat terendah pada sistem peningkatan virus pemerintah mulai Rabu (7/9).

Perubahan ini memungkinkan warga melakukan pertemuan sosial tanpa ada batasan.

Tercatat, Selandia Baru memiliki 25 kasus kematian akibat COVID-19 dari lima juta populasi dan 40 kasus aktif pada Senin ini.

Meskipun begitu, Ardern tetap memperingatkan bahwa kesuksesan ini bukan berarti  negaranya telah aman. Hal ini merujuk pada penurunan penggunaan aplikasi pelacakan COVID-19 resmi dan penurunan jumlah tes corona.

“Kebangkitan virus bukan satu-satunya kekhawatiran kami, tetapi munculnya kembali rasa puas diri yang perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button