fbpx
Kabar Daerah

Kembali Bangkit, Pariwisata Kota Semarang Meningkat Jelang Akhir Tahun

SEMARANG, energibangsa.id – Sempat mengalami penurunan sepanjang tahun 2020 akibat pandemic Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang memasuki penghujung akhir tahun mulai menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mencatat selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Semarang mencapai 2.000 orang.

Dan diprediksi akan semakin bertambah sampai momentum pergantian akhir tahun. Yang paling disorot karena kenaikan jumlah pengunjung yang terbilang drastis ialah Lawang Sewu, dimana tercatat pada tanggal 25 Desember jumlah pengunjung disana mencapai 1.738 orang.

Hendrar Prihadi selaku Walikota Semarang mengutarakan bahwa meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Semarang harus sejalan dengan upaya penegakkan protokol kesehatan yang ketat.

Seiring dengan hal tersebut, Pemkot Semarang juga mengusahakan revonasi pada sejumlah tempat wisata di Kota Semarang seperti Taman Lele, Goa Kreo, Tinjomoyo, hingga membuka spot wisata baru yang terbilang unik yaitu wahana off road Semarang Zoo Adventure.

“Di Kota Semarang kami memutuskan untuk tempat wisata, hotel, restoran selama akhir tahun boleh beraktifitas untuk roda ekonomi dapat berputas. Namun konsekuensinya harus lebih giat dalam menerapkan protokol kesehatan, dan tidak boleh ada yang namanya peringatan malam tahun baru,” kata Hendi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari. Berujar bahwa nantinya penerapan protokol kesehatan yang ketat tidak hanya diterapkan pada objek wisata milik pemerintah saja. Nantinya dari pihaknya akan melayangkan surat edaran kepada seluruh asosiasi pariwisata dan perhotelan..

“Setiap tamu yang datang wajib mengisi aplikasi agar memudahkan pemantauan dan tracing bila terjadi hal yang tak diinginkan”, katanya. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button