Kabar Indonesia

Kemah Bhakti GP Ansor Jateng, Gelaran Potensi Kader Ansor-Banser se Jateng

JEPARA – Potensi pemuda Indonesia dapat ditilik dari organisasi kemasyarakatan kepemudaan sebagai organisasi kader seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah, akan menggelar Kemah Bhakti ke-III tahun 2019 di Pantai Tirta Samudera Jepara pada 8-10 November 2019 mendatang. Kegiatan yang menghadirkan energi muda Nahdlatul Ulama (NU) tersebut akan diikuti oieh Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor kabupaten/kota se Jateng.

Ketua Pw GP Ansor Jawa Tengah, H Sholahuddin Aly dalam siaran persnya di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara, Jalan Pemuda Jepara No.51, Potroyudan, Jepara, Jawa Tengah menjelaskan, gelaran Kemah Bhakti merupakan agenda tahunan untuk mempererat tali silaturahmi antar kader Ansor-Banser se-Jateng.

Gus Sholah, sapaannya, menjelaskan bahwa terdapat sejumlah poin penting dari agenda Kemah Bhakti. Pertama, agenda yang hanya ada di Jateng tersebut merupakan bagian dari upaya konsolidasi kader, merapatkan barisan, dan memberi motivasi ke seluruh kader.

“Dengan demikian, kader Ansor-Banser se-Jateng terus bergerak, tidak terlena oleh situasi yang tidak diinginkan, sehingga selalu siap siaga dalam situasi papun,” kata Gus Sholah menegaskan, Selasa (5/11/2019).

Kedua, lanjutnya, dalam penyelenggaraan Kemah Bhakti juga digelar berbagai kegiatan penggalian potensi energi muda yang dimiliki oleh setiap cabang. Baik dalam hal jasmani, kerohanian, hingga kreasi positif di bidang digital. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi, serta memunculkan potensi-potensi unggul dalam berbagai bidang yang dimiliki kader di Jateng.

Ketiga, GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan yang lahir dari masyarakat diharapkan menjadi pelopor dan teladan kebaikan di masyarakat dalam berbagai bidang, “Kader Ansor-Banser harus aktif di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, kader harus menjadi teladan bagi kelompok masyarakat,” tandasnya.

Gus Sholah menjelaskan lebih lanjut, kepengurusan GP Ansor ada hampir di seluruh pelosok desa/kelurahan di wilayah Jateng. Jika seluruh kader teriibat aktif menjadi pelopor kebaikan, maka masyarakat akan menerima dampak positif atas hadirnya kader muda NU di daerah masing-masing.

Keempat, sambungnya, Kemah Bhakti 2019 bertepatan dengan sejumlah momentum penting. Di antaranya Hari Santri Nasional, Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Kita sangat berharap, nilai-nilai yang terkandung dari spirit seorang santri, para pahlawan, jiwa pemuda, serta perjuangan Nabi Muhammad SAW meresap ke sanubari kader-kader Ansor-Banser kemudian diaplikasikan untuk membangun peradaban yang Khoiro Umah,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Kemah Bhakti III 2019, Soeparno menjelaskan, agenda Kemah Bhakti III yang direncanakan berlangsung selama tiga hari tersebut akan dimulai dengan Upacara Pembukaan yang bertempat di Alun-alun Jepara pada pukul 14.00 WIB, kemudian dilanjutkan Sarasehan Kebangsaan pukul 19.00 WIB di Pendopo Kabupaten Jepara.

Dikatakannya, gelaran potensi energi muda NU tersebut akan diisi sejumlah perlombaan. Disebutkan diantaranya, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Senam Lalu Lintas, Kreasi Lagu Gembira dan YeI-yel, Cerdas Cermat Aswaja, Musabaqoh Qiroatul Kutub, Stad Up Comedy, Video Konten Media Sosial, Tarik Tambang, dan Volly Pantai.

Selain itu, Kemah Bhakti juga dilengkapi dengan pengajian Maulid Nabi yang dikemas dalam Ansor Bersholawat pada Sabtu (9/11/2019) malam di Pantai Tirta Samudera Jepara. Menurut rencana KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, KH A Muwafiq atau Gus Muwafiq, dan Habib Ali Zainal Abidin Pekalongan diagendakan hadir dan ambil bagian.

Sisi lain, donor darah, pengobatan massal, pemberian perlengkapan sekolah pada anak yang kurang mampu dan anak yatim, pemberian Alquran untuk musalla dan masjid, dan berbagai acara sosial lain juga dilakukan dalam Kemah Bhakti.

Lebih lanjut dia menuturkan, Apel Kesetiaan NKRI dan Ijazah Kubro dengan 10.000 personil Ansor dan Banser bersama Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas akan menutup kegiatan tahunan tersebut.

“Kami mohon dukungan semua komponen, terutama masyarakat Jepara agar agenda ini bertangsung dengan sukses,” harapnya.(*)

Related Articles

Back to top button