fbpx
Nasional

Keluarga Besar UNDIP dan USM Berduka, Prof Muladi Wafat Hari Ini

SEMARANG, energibangsa.id—Kabar duka mengiringi penutupan tahun 2020. Menteri Sekretaris Negara pada masa Kabinet Reformasi Pembangunan Prof Muladi meninggal dunia, Kamis (31/12) pukul 06.45 WIB.

Kabar wafatnya Guru Besar Hukum yang juga pernah menjabat Menteri Kehakiman ini berasal dari putrinya, Listy Muladi melalui pesan whatsapp. 

“Innalilahi wainnailaihi rojiun,  telah  meninggal dunia Prof DR H Muladi pd pukul 6.45 semoga Almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kesabaran aminn,” demikian bunyi WhatsApp Listy, Kamis (31/12), pagi ini.

Listy juga menjelaskan bahwa kondisi ayah dan ibunya sebelumnya berangsur baik dan telah mendapat bantuan plasma darah.

Listy juga mengungkapkan perhatian besar masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Keluarga alumni UNDIP, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Lemhanas, Menkes, Partai Golkar, Kosgoro, MKGR, AMPI, teman-teman sekolah sejak SD hingga SMA di Semarang. Serta, para kerabat yang terus mendoakan dan mendukung kesembuhan Muladi dan istri. 

“Sempat membaik tetapi akhirnya beliau wafat pagi hari ini,” tulis Listy.

Kelahiran Solo

Prof Dr Muladi, SH lahir di Solo Jawa Tengah, 26 Mei 1943. Dalam kariernya Muladi pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman (sekarang Menteri Hukum dan HAM) merangkap Menteri Sekretaris Negara pada masa Kabinet Reformasi Pembangunan.

Ia juga pernah menjadi Rektor Universitas Diponegoro Semarang. Jabatan lainnya yang pernah ia pegang adalah Ketua Institute for Democracy and Human Rights di The Habibie Center, Jakarta.

Muladi juga tercatat sebagai Ketua Pembina Yayasan Alumni UNDIP, Universitas Semarang (USM) Semarang.

Muladi menikah dengan Nany Ratna Asmara. Mereka dikarunia empat orang putri, yaitu Rina Irawanti, Diah Sulistyani, Aida Fitriani, dan Erlina Kumala Esti.

Dua anak pertama dan anak bungsunya mengikuti jejak Muladi mendalami bidang hukum. Putri keduanya, Diah Sulistyani menjadi akademisi. (*)

Related Articles

Back to top button