fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Kejaksaan Agung Mulai Diperiksa, Bagaimana Hasilnya?

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta)— Pengecekan konstruksi gedung kantor Kejaksaan Agung RI yang terbakar pada Sabtu (22/8) malam mulai dilakukan pada hari ini, Senin (24/8).

Pengecekan dilakukan oleh Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Markas Besar (Mabes) Polri didampingi Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Tubagus Ade Hidayat,  Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri serta staf Kejaksaan Agung RI.

Sebagaimana pantauan tim energibangsa.id, pengecekaan konstruksi dimulai pada pukul 09.30 WIB, untuk memutuskan layak atau tidak dilakukan pemeriksaan.

Kejaksaan Agung

Pengecekan kekuatan konstruksi bangunan gedung dilakukan di tiap sudut gedung  dan lantai yang terbakar.

Untuk melakukan pengecekan tersebut, Tim Puslabfor menurunkan sekitar 12 orang sedangkan Inafis sebanyak 10 orang.

“Yang pertama kami lakukan pengecekan konstruksi bangunan dulu, apakah layak atau tidak dilakukan pemeriksaan,” ucap Kepala Puslabfor Bareskrim Polri, Brigjen Ahmad Haydar, di depan kantor Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/8).

Selain itu, ia menambahkan, pemeriksaan konstruksi gedung dilakukan agar personel yang melakukan pemeriksaan dalam keadaan aman. Baru setelah itu bisa dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kegiatan olah TKP baru akan dilanjutkan setelah pihak Puslabfor mendapat kepastian bahwa gedung Kejaksaan Agung aman untuk dimasuki.

Pihak Puslabfor  juga masih menunggu Layout (tata letak) gedung itu untuk mendukung kegiatan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kejaksaan Agung

“Kami tadi melakukan pengecekan di lokasi kebakaran. Ini masih dalam proses pemeriksaan,” ujar dia sebagaimana dikutip dari detik.com. Ahmad menambahkan, proses olah TKP hari ini masih akan berlanjut.

Hasil awal olah TKP juga belum bisa disampaikan. “Ini semua masih dalam proses pemeriksaan. Jadi kami belum bisa menjelaskan kepada rekan-rekan, tolong sabar untuk menunggu,” ujar dia.

Gedung Kejaksaan Agung RI diketahui  terbakar pada Sabtu malam lalu. Api pertama kali terlihat di lantai enam sekitar pukul 19.10 WIB. Api kemudian merambat ke lantai lain.

Kebakaran tersebut berlangsung selama hampir 11 jam dan baru berhasil dipadamkan dan dilakukan pendinginan pada hari Minggu kemarin sekitar pukul 06.28 WIB hingga api dikatakan benar-benar padam total pukul 16.50 WIB [Gilban/EB/detik]

Related Articles

Back to top button