fbpx
Wisata & Kuliner

Ke Kudus, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Soto Kerbau

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Kota Kudus memang kaya akan julukan. Selain sebagai kota santri, kota wali dan kota kretek, Kudus juga dikenal memiliki kuliner yang khas: soto kerbau!

Soto Kudus yang khas dengan daging kerbau (Sumber: Instagram/ @sotokudus_pakramidjan)

Kekayaan kuliner soto Kudus satu ini telah melegenda. Soto kerbau disajikan dalam sebuah mangkuk kecil. Di dalamnya ada nasi, irisan daging kerbau, tauge, bawang putih goreng, dan kuah bening yang kaya rempah. 

Kalau sobat energi ingin menyantap lebih ‘endes‘, sobat dapat menambahkan sate telur puyuh, sate jerohan, perkedel goreng, bakwan, mendoan, atau bahkan paru kerbau (goreng) untuk menambah kenikmatan mencicipi kuliner ini.

Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi atau ayam sebagai pelengkapnya. Kekhasannya, soto Kudus malah menggunakan daging kerbau. Ini yang membedakan soto Kudus dengan soto-soto lainnya.

Legenda ‘mitos’ daging sapi

Warga Kudus memang seakan lebih familiar daging kerbau ketimbang daging sapi. Konon Sunan Kudus mewariskan ajaran umat (Islam) di Kudus, waktu itu, untuk menghargai agama lain, termasuk Hindu yang menganggap sapi sebagai hewan suci.

Soto Kudus
Soto Kudus yang khas dengan daging kerbau (Sumber: Instagram/ @sotokudus_pakramidjan)

Sebagai wujud penghormatan, umat Islam di Kudus menggantikan daging sapi dengan daging kerbau. Dari warisan kisah Sunan Kudus itu, soto Kudus akhirnya khas dengan daging kerbau hingga saat ini.

Baca Juga : Ingin Aman Akun Tiktok dari Peretas? Ini Tipsnya…

Sebaran dan harga

Jika sobat energi jalan-jalan ke kota Kudus, jangan lupa mencicipi soto kerbau yang melegenda itu. Sobat dapat menjumpai soto Kudus di warung-warung di pinggiran jalan.

Atau jika ogah berburu warung soto, sobat energi bisa langsung menuju pusat kuliner Kudus. Lokasinya tak jauh dari Simpang tujuh, bundaran kebanggaan warga Kudus.

Nah, untuk harga semangkok soto kudus cukup variatif. Ada warung yang membandrol sotonya dengan harga kisaran Rp 10 ribu. Namun harga soto di warung-warung yang sudah “punya nama” bisa mencapai Rp 20 ribu per porsi.

Nah, sobat energi bisa siapkan mulai sekarang nih, kapan ke Kudus ? Mumpung masih bulan Muharam, sobat energi bisa berwisata religi di makam Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Di Kudus juga banyak tempat-tempat wisata nge-hits lho! Yuk, ah! Kita dolan ke Kota Kretek (dd/EB).

Related Articles

Back to top button