fbpx
Olahraga

Ke Kroasia, Witan Sulaiman dkk Bentrok Tiga Tim Besar

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) —  Kurang lebih 30 pemain di bawa Shin Tae Yong, Pelatih Tim Nasional (Timnas) Under 19 Indonesia , untuk mengikuti Training Center (TC) Timnas di Kroasia.

Badan otoritas tertinggi sepak bola di Indonesia, PSSI, telah memastikan bahwa 30 pemain yang dipilih pelatih kebangsaan Korea Selatan itu akan berangkat ke kroasia pada akhir Agustus mendatang

Nantinya di sana, Witan Sulaiman dkk dijadwalkan tidak hanya menjalankan TC saja. Namun mereka juga mengikuti turnamen mini yang diikuti tuan rumah Kroasia, Bulgaria dan Ara Saudi pada tanggal 2-8 September mendatang.

“Kami sudah mendapatkan info dari federasi sepak bola kroasia (HSN) bahwa timnas U-19 akan melawan Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi,” ucap Mochammad Iriawan, Ketua Umum PSSI yang kerap disapa Iwan Bule.

Mendapatkan lawan yang memiliki kekuatan terbilang sepadan akan membuat skuat besutan Shin Tae Yong semakin menantang.

Lantas Iwan Bule pun begitu berharap Timnas U-19 Indonesia bisa mendapatkan pelajaran berharga saat menjalani pertandingan uji coba tersebut.

“Tentu ini lawan-lawan yang bagus dan kuat bagi Timnas U-19. Mereka akan berlaga di International U-19 Friendly Tournament yang berlangsung pada 2-8 September,” ujarnya.

Iwan Bule juga menambahkan, anak-anak besutan Shin Tae Yong ini harus memaksimalkan kesempatan saat TC di Kroasia.

“TC di Kroasia ini, kami harap dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala Asia U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20 nantinya,” kata Iwan Bule seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Mantan Kapolda Jawa Barat tersebut memastikan bahwa suhu antara Kroasia dengan Uzbekistan tidak  memiliki perbedaan yang jauh.

Sehingga hal tersebut membuat para pemain Timnas U-19 Indonesia bisa beradaptasi terlebih dahulu sebelum mengikuti ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan.

“Apalagi di Kroasia, timnas U-19 tidak perlu melakukan karantina dan suhu tidak terlalu berbeda dengan Uzbekistan,” tutur Iwan Bule.

Sebelum berangkat pada bulan Juli lalu diketahui skuat Garuda muda telah menjalani pemusatan latihan (TC) lokal terlebih dahulu di Stadion Madya, Senayan, Jakarta .

Latihan ini diproyeksikan untuk menyeleksi nama-nama yang akan dibawa ke Kroasia.

Dari 46 pemain yang diseleksi Pelatih  Shin Tae Yong. Terpilih sekitar 30 pemain yang siap diberangkatkan untuk mengikuti TC tahap dua di negeri runner-up Piala Dunia 2018 lalu itu.

“Kami memilih 30 pemain untuk dibawa ke kroasia,” ujar Mantan Pelatih Korea Selatan tersebut sebagaimana dilansir tim energibangsa.id dari laman PSSI.

Shin Tae Yong mengatakan saat ini kondisi pemain dalam keadaan fit dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya.

Dirinya pun yakin selama di Kroasia nanti, kekuatan fisik, teknik, dan permainan skuat Timnas U-19 akan semakin meningkat lagi dibanding sekarang.

TC timnas U-19 Indonesia dipersiapkan untuk menatap ajang atau kejuaraan terdekat yakni Piala Asia U-19 Uzbekistan.

Pada kompetisi tersebut,  timnas U-19 Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Piala Asia U-19 Uzbekistan dijadwalkan berlangsung mulai 14 sampai 31 Oktober. [Gilban/EB]

Related Articles

Back to top button