fbpx
Nasional

Kata Komjen Listyo Polisi Lalu Lintas Tak Boleh Lakukan Aksi Tilang, Kamu Sepakat?

ENERGIBANGSA.ID—Tentu dari kalian pernah kena tilang oleh anggota polisi lalu lintas, kan? Entah kamu melanggar marka, atau tak mengindahkan aturan lalu lintas lainnya.

Nah, aksi tilang yang kerap kali dilakukan polisi bertujuan untuk menertibkan pengguna jalan yang tengah melintas di jalan, tentunya.

Buat pelanggar, nantinya akan dikenakan sanksi berupa surat tilang. Namun seiring berkembangnya waktu, aksi tilang ini di masa depan bakal dihapuskan, lho!

Lha kok bisa?

Dalam uji kelayakan, calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menyebut aksi tilang yang dilakukan polisi lalu lintas nanti akan dihapuskan.

Mantan Kapolda Banten ini bakal mengganti sistem tilang berbasis elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).Jadi, polisi nantinya tidak bisa menilang di tempat seperti yang dilakukan sekarang ini.

Kurangi ‘penyimpangan’ oknum

Kebijakan Listyo ini bertujuan untuk mengurangi penyimpangan yang kerap terjadi di lapangan.

“Khusus di bidang lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau ETLE”, ujar Komjen Listyo, Rabu (20/1/2021).

“Bertujuan untuk mengurangi proses penilangan guna menghindari penyimpangan saat anggota melaksamakan proses tersebut,” imbuhnya.

“Jadi ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan, mengatur lalu lintas tidak perlu melakukan tilang. Kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri,” kata Listyo.

So, tugas polisi nantinya hanya mengatur lalu lintas saja. Jadi tak perlu takut lagi kalau ada razia polisi, tidak perlu putar arah. Biarlah sistem elektronik yang bekerja ya, sob! (dd/EB)

Related Articles

Back to top button