Anjay
ilustrasi kata anjay yang menjadi sorotan di masyarakat. (sumber: pribadi)
Ragam Bangsa

Kata ‘Anjay’ Resmi Dicekal, Netizen: Terus Kenapa?

0

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Baru – baru ini, sempat heboh di jagat dunia maya soal perkara kata ‘anjay’ yang diduga dapat merendahkan martabat dan menimbulkan kebencian terhadap seseorang. Melihat hal ini, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) merilis surat edaran terkait fenomena tersebut.

Surat edaran ini memicu berbagai komentar pro dan kontra dari warganet. Ada yang setuju dan ada pula yang menganggap respon pemerintah kali ini terlalu berlebihan. Kalau dilihat dari kacamata orang awam, apakah tindakan Komnas PA ini akan efektif?

‘Anjay’ sendiri merupakan kata yang lazim digunakan netizen saat berselancar di media sosial. Karena pada hakikatnya, ‘anjay’ adalah  kata gaul yang dibuat oleh netizen. Makanya, kata ‘anjay’ tidak pernah tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sebenarnya kata ‘anjay’ sendiri tidak selalu menunjukkan konotasi yang negatif. Malah justru kebanyakan orang menggunakan kata ini sebagai kata pujian. Misal contoh seperti ini, ada orang sangat pandai bermain gitar didepan teman – temannya. Untuk mengungkapkan rasa kagum terhadap dia, respon temannya justru berkata “Anjay, hebat banget lu!”.

Pelarangan kata ‘anjay’ sendiri sebenarnya dinilai kurang efektif karena masih banyak sekali kata yang memiliki konotasi mirip ‘anjay’. Seperti contoh ‘anjir’, ‘njir’, ‘anjim’, ‘anjrit’, dan masih banyak lagi. Jadi kalau memang tujuannya untuk menghindari kata makian, lebih baik kata – kata tadi juga ikut dicekal.

Belum lagi kata – kata serapan bahasa daerah yang juga hampir sama dengan kata ‘anjay’. Walaupun sebenarnya bahasa daerah ini justru menjadi faktor pemersatu bangsa. Seperti contoh ”jancuk”, “cok”, “ndes”, “jingan”, “gapleki”, “gateli”, dan lain sebagainya, Apa mau dicekal semua kata –  kata tersebut?

Nah, kalau kata ‘anjay’ dicekal, terus kenapa? Netizen kan bisa bikin istilah baru lagi, ckuakkzzz. (buddy/EB).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kini PKS, Hendi Panen Dukungan di Pilwalkot Semarang

Previous article

Intip Yuk, Sejarah Masuknya Ganja di Indonesia!

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam Bangsa