fbpx
Wisata & Kuliner

Karanganyar Menuju Kota ‘Life Centre Nusantara’ 2030

Oleh: Rafika Tri Wahyuningtyas, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) Semarang

ENERGIBANGSA.ID – Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sebagai pusat kehidupan nusantara, yang kental dengan sejarah, budaya, dan potensi alam, meluncurkan program Karanganyar Center Life of Nusantara 2030.

Peluncuran itu ditegaskan dalam peresmian Wisata Baru ‘Watu Gambir’ Desa Karang dan Gelar Budaya oleh tim Mahaprana Management dari Mahasiswa Seni Tari, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Kampus itu menjalin kerja sama dengan Pemerintah Desa Karang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jum’at (18/12/2020) lalu.

Sumber daya alam yang ada di desa itu diketahui dapat mendukung potensi untuk diangkat dan dikembangkan menjadi wisata.

Hadir dalam perhelatan itu, Kepala Desa Karang, Kecamatan Tawangmangu, Dwi Purwonto, Muspika Kecamatan Tawangmangu, serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, Titis Sri Jawoto.

Harus lebih serius

Kadispora Karanganyar, Titis Sri Jawoto, menjelaskan bahwa para pelaku seniman maupun pengisi jagat seni pertunjukkan di masa mendatang lebih serius menekuni dan memberikan hasil yang baik.

“Satu-satunya yang bisa kita kembangkan hanya pariwisata karena kita mempunyai nilai-nilai budaya yang luar biasa tinggi, yang bisa kita jual dan sajikan kepada wisatan dan seluruh dunia,” jelas Titis.

Sementara itu Ketua panitia Tim Mahaprana Management, Ilham Rahmadhani, mengungkapkan bahwa pihaknya telah siap dengan draft yang mereka punya untuk bekerja sama dengan pihak Desa Karang.

“Dalam Gelar Budaya ini ada prosesi gunungan dan dari Tim kami menampilkan beberapa hiburan ada gaya Surakarta dengan Tari Langen Asmara, ada gaya Jawa Timur yaitu Tari Jejer Jaran Dawuk dan lain-lainnya,” ujar Ilham.

Potensi yang ada di Desa Karang tersebut diangkat menjadi Wisata Watu Gambir yang menawarkan konsep wisata alam dengan aneka outbond, taman bunga, serta tubing. (*)

Related Articles

Back to top button