fbpx
Gaya Hidup

Kangen Nonton Bioskop? Yuk Cobain Bioskop ala Rumahan ini…

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Rencana pembukaan bioskop ditengah pandemi COVID-19 tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Rencana tersebut menuai berbagai tanggapan. Ada yang merespon positif dan setuju dengan langkah tersebut. Namun begitu, tidak sedikit yang menolaknya.

Pandemi virus Corona (COVID-19) memang telah membuat bioskop harus tutup kurang lebih selama 5 bulan terakhir.

Hal ini pun membuat para penikmat film di Indonesia terpaksa harus menahan rindu begitu dalam untuk kembali menyaksikan layar lebar di bioskop hingga keadaan kembali membaik.

Namun agaknya para penikmat film kini tak perlu khawatir lagi dan bisa menuntaskan rindu mereka terhadap menikmati film layar lebar.

Sebab, melansir detik.com, ada dua bioskop mini ala rumahan yang nyaman untuk didatangi para penikmat film selama pandemi sebagai obat penawar rindu.

Baca Juga : Indisipliner, Dua Pemain U-19 Gagal TC ke Kroasia

Adalah Subtitles, yang berlokasi di Jakarta Selatan tepatnya di Basement Darmawangsa Square.

Memiliki 4 teater (ruangan) berukuran sekitar 4 x 4 per ruangan. Bioskop rumahan ini sudah ada sejak tahun 2000 dan memberikan fasilitas nonton seperti di bioskop.

Subtitles tetap beroperasi di masa pandemi ini dengan menerapkan protokol kesehatan. Jika biasanya satu ruangan dibolehkan diisi sampai 15 orang, sementara ini maksimal dibatasi hanya untuk 4 orang.

“Dulu sebelum ada pandemi yang nyebelin ini satu studio nggak ada maksimum-nya, jadi terserah mau dari 1-15 orang, terserah. Cuma karena sekarang ada COVID kan kita buat protokol jadi 1 studio cuma boleh maksimum 3-4 orang dan kalau mau 4 orang juga kita jauhin juga duduknya,” kata Dante selaku Social Media Officer Subtitles.

Dante menjelaskan keunggulan dari ‘bioskop rumahan’ yang ia kelola memiliki koleksi film yang sangat lengkap.

Selain itu tempat duduk yang tersedia lebih nyaman karena berbentuk sofa dan lebih private saat menonton karena satu ruangan disewa khusus.

Nggak usah takut kelaparan, karena selama menonton para penikmat film juga dapat memesan makanan disana.

“Jadi setiap orang yang booking bisa private nonton dan dapat comfort dari bioskop karena kita kursinya lebih enak karena sofa kan, terus dapat selimut, dapat bantal, jadi bisa rested relactation juga kalau mau dan itu nggak bayar ekstra, tinggal minta saja,” ucapnya.

Tempat yang menawarkan ‘bioskop rumahan’ sejenisnya adalah Clapper Jakarta, Bioskop ala rumahan ini berlokasi di Tangerang Selatan, Banten.

bioskop rumahan
Salah satu potret teater dari Bioskop ala rumahan. (sumber: detik.com)

Sama dengan Subtitles, Clapper juga memiliki 4 ruangan berukuran sekitar 3 x 4 per ruangan.

Yohanes Mustamu mendirikan itu bersama istrinya pada 2016. Awalnya Clapper didirikan untuk memberikan tempat bagi para kreator film pendek (short movie) menayangkan film-nya karena tidak bisa ditayangkan di bioskop.

Namun seiring berjalannya waktu tempat itu telah dibuka untuk umum dan disediakan koleksi film yang menarik.

“Kita coba yuk buat teman-teman yang suka nonton short movie tapi nggak tahu di taruh di mana sebenarnya bisa ditaronya di Clapper, gitu. Nah tapi dengan seiringnya waktu akhirnya kita buka buat umum gitu, yang akhirnya film-nya itu yang film-film sudah ada sekarang, yang sudah update,” kata Mus.

Keunggulan dari Clapper sendiri, adalah diperbolehkan membawa VCD sendiri untuk menonton film favorit.

Sehingga boleh hanya menyewa tempat untuk nonton bareng, untuk ulang tahun (ultah) juga bisa lho.

“Mereka rata-rata bawa film sendiri, tapi kami juga menyediakan film sih. Clapper itu bisa juga buat ultah anak-anak, mereka bawa film sendiri, makanan sendiri, terus sewa tempatnya buat nonton bareng dengan DVD yang mereka bawa,” tuturnya.

Demikian sobat energi ulasan tentang bioskop ala rumahan. Siapa nih dari sobat energi yang udah kangen nonton bioskop?

Nah bisa dicoba sebagai obat kangen dengan suasan bioskop sampai benar-benar keadaan membaik ya. Tapi jangan lupa tetap jaga kesehatan.. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button