Inspirasi BangsaKabar IndonesiaKita Indonesia

Kang Jack, Juru Parkir Inspiratif Pendiri Sekolah Gratis

0

ENERGIBANGSA.ID – Undang Suryaman atau lebih dikenal dengan Kang Jack adalah seorang juru parkir di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Meski penghasilannya tidak besar namun sosoknya begitu rendah hati dan sangat insipiratif. Pria asal Rancaekek ini telah mendirikan sekolah TK gratis sejak tahun 2017 silam.

Pada awal pembangunan sekolah, Kang Jack kerap mendapat cibiran karena dianggap hanya sekadar modus untuk meraup keuntungan pribadi. Terlebih latar belakang pendidikannya hanya lulusan SD. Namun ternyata niat baik pun mendapat balasan yang setimpal. Melalui ketekunan menyisihkan uang dari penghasilannya dan dibantu oleh beberapa donatur, TK Raudlatul Jannah berhasil didirikan.

“Cukup saya dan orang senasib yang putus sekolah. Jangan biarkan putra putri penerus bangsa ini tidak sekolah,” ungkap Kang Jack seperti dikutip EnergiBangsa dari DetikNews.

Bersama istrinya, Yani Novitasari, awalnya mereka mengajar anak-anak dengan keterbatasan finansial menggunakan ruang kosong di masjid Raudlatul Jannah. Sedikitnya ada 18 orang anak yang mereka didik tahun 2018 lalu. Hingga kini sudah ada lebih dari 200 anak yang terdata menjadi murid di sekolah tersebut menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Tak hanya berfokus pada materi pembelajaran seperti sekolah umumnya, Kang Jack juga mempertimbangkan betul perkembangan IQ, SQ, dan EQ para muridnya. Detail sirkulasi udara di sekolah pun diperhatikan dengan baik. Terdapat beberapa tanaman hidroponik yang dirawat oleh beberapa anak yatim di sana yang membuat cuaca panas terasa sejuk.

Point Kang Jack adalah agar mereka ga di-underestimate, ga selalu dikasihani, tapi bisa jualan kangkung dari hidroponik, ngerti proses dan tau tentang usaha. Di point ini gue dalam hati serius udah mau nangis”, ungkap Eunike ketika mengekspresikan kekagumannya pada Kang Jack melalui akun Twitter @euniceapril.

Sikap pantang menyerah dan semangat berbagi dari Kang Jack dan istri begitu inspiratif. Semoga melalui kisahnya semakin banyak orang-orang yang tergerak untuk melakukan hal-hal baik lainnya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Mau Toko Online-mu Berjaya, Gabunglah Bersama Incommersia

Previous article

Potensi Jamur Merang Karawang Kini Semakin Berkembang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.