fbpx
Gaya Hidup

Kamu Susah Move On dari Pasangan? Inilah 5 Alasan yang Bisa Jadi Penyebabnya

SEMARANG, energibangsa.id — Putus cinta merupakan salah satu fase yang tidak diinginkan dalam suatu hubungan. Rasa sakit dan sedih kehilangan orang yang dicintai tentu bukan hal yang diinginkan.

Akan tetapi, walaupun sudah putus berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tapi masih banyak orang diluar sana yang masih terselimuti oleh masa lalu, alias susah move on. Eits, ternyata hal tersebut wajar loh Sobat Energi.

Berikut merupakan alasan mengapa susah move on itu wajar terjadi.

1. Cinta pertama

Banyak orang bilang bahwa cinta pertama tak akan bisa dilupakan. Mungkin hal itu bisa jadi benar. Sebabnya, itu adalah momen pertama kalinya kamu merasa dicintai dan diinginkan untuk pertama kalinya.

Pun dengan rasa sakit usai putus cinta juga bakal menjadi hal baru bagimu. Tak heran, akan butuh waktu cukup lama untuk melupakan semua memori itu.

2. Menjalin hubungan sangat lama

Kita semua tahu bahwa masih banyak orang yang menjalin hubungan pacaran hingga bertahun-tahun, mereka belum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan alasan belum mapan atau belum waktunya.

Namun hal ini bisa menjadi penyebab utama mengapa susah move on, setelah pacaran bertahun-tahun namun kandas di tengah jalan tanpa ada sebab dan akibat yang jelas.

3. Kebanyakan orang putus karena hal yang sepele

Tahukah kamu bahwa ada begitu banyak pasangan yang putus hanya karena hal sepele? Ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bahkan ada yang putus hanya karena pasangannya sibuk dengan pekerjaan.

Tentu ini menjadi penyebab mengapa susah move on itu wajar terjadi, mereka terlalu cepat mengambil kesimpulan hanya karena hal sepele dan bahkan bukan masalah serius sama sekali.

4. Berada di lingkungan yang sama

Memiliki teman yang sama dapat membuat proses move on menjadi lebih sulit. Semakin lama hubungan kalian berjalan, semakin banyak pula memiliki teman yang sama. Teman-teman kadang tak menyadari mengasosiasikan dirimu dengan sang mantan–di mana ada kamu, pasti ada dia.

Belum lagi jika kalian masih sering berkumpul dan bertemu satu sama lain. Kurangi intensitas komunikasi dan pertemuan yang bisa membuatmu semakin sulit melupakannya.

5. Menyalahkan diri sendiri

Perpisahan adalah kesempatan untuk belajar lebih memahami diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan dewasa. Namun sayangnya, kebanyakan orang sulit memahami hal tersebut dan lebih mengutamakan rasa sakitnya, sehingga yang muncul hanya ego dan menyalahkan diri sendiri.

Percayalah, terus-terusan menyalahkan diri sendiri maupun orang lain tidak membantumu memperbaiki keadaan. Segera lakukan hal yang positif dan mulai berdamai dan belajarlah mencintai diri.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa susah move on itu wajar terjadi. Buat Sobat Energi yang sedang merasakannya, semangat ya! Fase ini akan segera berlalu! (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button