fbpx
Gaya Hidup

Kamu Lelah Saat Bangun Tidur? Simak Sini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Setelah melakukan berbagai aktivitas dalam satu hari, salah satu cara yang digunakan untuk mengembalikan energi adalah dengan beristirahat. Tidur dilakukan dengan tujuan agar stamina pulih kembali dan siap untuk beraktivitas pada keesokan harinya. Namun terkadang beberapa orang justru merasa kelelahan setelah bangun pagi.

Menurut seorang praktisi kesehatan, Gemma Hampson, ia menuturkan jika hal ini dapat terjadi pada orang-orang yang tinggal di negara empat musim. Pada musim dingin, secara alami kita akan melihat cahaya yang lebih sedikit. Hal tersebut memiliki peran besar terhadap fungsi otak dan juga tubuh.

Baca Juga : Begini Tips Atasi Mulut Kering, Dijamin Ampuh!

“Jika kita terkena lebih sedikit cahaya matahari. Jam internal alami tubuh kita akan menghasilkan lebih banyak melatonin. Zat kimia yang memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya beristirahat,” ujarnya.

Namun sebaliknya, semakin banyak sinar matahari maka semakin sedikit melatonin dan kita akan semakin terjaga.

“Pikirkan melatonin sebagai tanda peringatan bahwa sudah waktunya kita istirahat, jika kita melewatkannya, maka kita akan lebih sulit untuk tertidur, yang kemudian menciptakan siklus yang tidak diinginkan saat bangun di pagi hari,” kata, seperti dilansir Cosmopolitan.

Selain karena melatonin, rasa lelah yang muncul pada saat bangun tidur juga bisa terjadi  akibat kurangnya vitamin D dalam tubuh, sehingga dapat  menimbulkan rasa pening. Faktor stres, kurangnya konsumsi buah dan sayur, jarang berolahraga juga memiliki peran terhadap bagaimana otak memproduksi bahan kimia.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan

Untuk mencegah kekurangan vitamin D, Perbanyak bergerak ke luar rumah dan biarkan diri terkena sinar matahari. Vitamin D juga bisa didapatkan dari sumber makanan.

Saran Hampson adalah mengkonsumsi ikan berlemak: seperti salmon dan tuna. Selain itu, cobalah tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya untuk membantu tubuh menyeimbangkan produksi melatonin di otak.

Baca Juga : Yuk Simak Tips Menata Isi Kulkas Biar Nggak Cepet Basi

“Cobalah untuk tidak tidur berlebih, karena tubuh akan dengan cepat menyesuaikan diri dengan itu. Dan pola itu akan lebih sulit diperbaiki,” ujar Hampson.

Jika Anda masih sulit menjaga pola tidur yang positif, rutinitas olahraga akan membantu melepaskan endorfin atau hormon bahagia ke tubuh, yang mana ini akan membuat Anda lebih berenergi sepanjang hari.

Pada akhirnya, Anda akan lebih lelah di malam hari dan akan lebih mudah untuk tertidur. Lelah sepanjang hari mengalami hari yang terasa melelahkan adalah hal yang normal, terutama jika Anda sedang merasa stres, setelah begadang, dan lainnya.

Selain gaya hidup, seperti yang telah disebutkan, faktor musim juga berpengaruh. Tetapi, kurangnya energi dan rasa lelah sepanjang hari juga bisa menjadi tanda depresi musim dingin, yang dikenal sebagai Seasonal Affective Disorder (SAD).

Namun, kondisi ini cenderung hanya menimpa satu dari lima belas orang. Gejala SAD tidak hanya mengalami energi rendah tetapi juga suasana hati yang rendah, yang dapat menyebabkan perasaan cemas atau panik. Namun, jika Anda merasa kondisi sering merasa lelah ketika bangun tidur itu terlalu mengganggu, maka konsultasi dengan dokter mungkin menjadi jawabannya. (EB/kompas).

Related Articles

Back to top button