KesehatanRagam Bangsa

Kampanyekan Protokol Kesehatan, Kadiskominfo Jateng Tetap Pakai Masker Meski Video Conference

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Sebagai ujung tombak sosialisasi dan kampanye protokol kesehatan di era new normal, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah selalu mengedepankan menjaga kode etik protokol kesehatan meskipun rapat melalui video conference.

Dalam sebuah agenda silaturrahmi dan koordinasi virtual soal isu digitalisasi pasar di era pandemi Covid-19 dengan praktisi StartUp Digital Tajeer.id, Kepala Diskominfo Jawa Tengah, Riena Retnaningrum nampak tetap memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer di sebelah perangkat elektroniknya.

Riena menyebut bahwa banyak sekali pihak yang salah paham soal new normal. Menurutnya, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

“Bukan malah bersahabat dengan covid. Nah ini yang perlu diluruskan (soal new normal), agar semua pihak menyadari bahwa seluruh masyarakat selalu waspada, kami (diskominfo) selalu berupaya memberi contoh,” ujarnya di ruang khusus Diskominfo Provinsi Jateng, Kamis (13/8/2020).

Dalam video conference itu, Riena juga langsung memarahi peserta meeting yang tidak menggunakan masker namun duduk bersebelahan.

“Tolong diperhatikan ya, ini langsung saya peringatkan,” ucap Riena yang juga meminta semua pihak tak berhenti menyosialisasikan pencegahan, agar laju penyebaran Covid-19 menurun.

“ini peran dan tugas dari Diskominfo untuk menyosialisasikan bersama (tentang protokol kesehatan) melalui seluruh dinas dan semua media yang ada,” lanjut Riena.

Komunikasi yang Bagus

Pakar Komunikasi dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Zahrotul Umami, M.Kom, memuji apa yang telah dilakukan Kepala Diskominfo Jateng itu.

“ini pesan (komunikasi) yang menarik, meskipun silaturrahmi dan rapat digelar secara online, namun Bu Riena, Kepala Diskominfo tetap menggunakan masker,” jawabnya via akun seluler.

“dilihat dari fotonya, beliau menggunakan masker, dan ada hand sanitizer di sebelah beliau, itu saja sudah mencerminkan pesan komunikasi mengenai tindakan preventif melawan covid,” lanjutnya.

Zahrotul Umami menyebut, bahwa yang dilakukan Riena adalah teladan yang layak dijadikan contoh bagi semua pejabat publik di Jawa Tengah, bahkan Nasional.

Semoga ini menjadi pertanda bagus mengenai penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi di masa pandemi ya, sobat energi. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button