fbpx
Energi MudaGaya HidupKita Indonesia

Kampanyekan Dasa Dharma, Afif dan Dinda Menikah ala Pramuka

pernikahan ala pramuka
0

ENEGIBANGSA.ID – Sebuah keunikan ada di daerah Jepara, di saat banyak orang berlomba-lomba menggelar pesta pernikahan secara hedonis: dengan dekorasi megah dan gaun mewah, namun pasangan pengantin di Jepara ini memilih menikah dengan menggunakan baju Pramuka.

Meski sederhana namun niatnya mulia, karena ingin mengkampanyekan Dasa Dharma Pramuka.

Ada sekitar seratus anak muda berbaju pramuka, lengkap dengan hasduk merah putih dan topi di kepala, mengiringi sepasang pengantin yang menaiki motor legenda dengan plat nomor A 1.7.19 DPS yang merupakan singkatan dari tanggal pernikahan dan nama kedua mempelai.

Pasangan nyentrik yang memiliki niat mulia itu dalah Afif Rohmad, S.Pd.I warga Kauman 1 RT 02 RW 4 Mutih Kulon, Wedung, Demak dan Dinda Puspita Sari, warga RT 9 RW 5 Karangrandu Pecangaan Jepara.

“Cinta kami dipertemukan di acara Pramuka,” ujar Afif membuka cerita.

Setelah saling mengenal lebih jauh, pria yang menjadi pembina pramuka di sejumlah sekolah itu langsung melamar istrinya di bulan Maret dan tanpa waktu lama melanjutkan prosesi pernikahan.

“Jadi tanggal tiga puluh Juni istri saya terima ijazah, tanggal satu Juli kami ijab sah,” lanjut Afif sembari tersenyum.

Saat ditanya siapa pencetus ide di balik konsep prosesi pernikahan yang unik itu, kedua pasangan ini kompak menjawab idenya dari mereka sendiri.

“Ide awalnya dari kami berdua, dan itu juga didukung oleh adik-adik pramuka kami yang jumlahnya sekitar seratus orang itu,” cerita Dinda yang diamini oleh Afif.

Afif menjelaskan, bahwa pendidikan pramuka telah mengajarkan banyak nilai-nilai positif seperti kepemimpinan, tanggungjawab, gotong-royong, cermat, disiplin, mengutamakan musyawarah sebagaimana termaktub dalam Dasa Dharma Pramuka

“itu yang mendasari kami, bahwa pendidikan pramuka dalam Dasa Dharma tidak hanya diterapkan dalam dunia kemah saja, tapi juga bisa diterapkan dalam urusan rumah tangga,” jelas Afif yang juga menekuni usaha fotografi itu.

Menurut Dinda, prosesi iring-iringan dan seragam Pramuka ini membuat resepsi pernikahan mereka juga semakin berkesan dan meriah.

“Tidak harus mewah, yang penting meriah. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pramuka itu kompak,” kisah Dinda pada tim energibangsa.id

“selain kompak juga setia, seperti saya” sahut Afif sambil melempar senyum kepada istrinya.

Kepada energibangsa.id, pria yang memberi mahar mas kawin emas 5 gram dan uang lima ratus ribu rupiah itu menjelaskan bahwa orangtua dan keluarganya sempat tidak mengijinkan ada arak-arakan pramuka seperti itu, takutnya jadi rasan-rasan di masyarakat.

Karena ajaran pramuka sudah menyatu dengan jiwanya, dengan musyawarah yang bijaksana Afif berhasil meyakinkan ibu dan keluarganya.

“nyatanya responnya positif, pihak mertua saya malah bangga,” terang Afif.

Di sisi lain, Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Kota Demak, Ahmad Purwito, menanggapi positif ide dan konsep pernikahan seperti itu, namun akan lebih bagus lagi kalau ada upacara adat ala pramuka.

“Bagus ya, kalau saya lihat mungkin lebih bagus kalau dalam prosesi (tersebut) ada adat seperti pedangpora, tidak hanya longmarc bawa sepeda motor tanpa helm,” jelasnya pada tim energibangsa.id via pesan singkat

Menurut Ahmad Purwito, jika ada upacara adat dengan tongkatpora cakra satya bintara itu prosesi pernikahan tidak hanya meriah, tapi juga akan nampak sakral.

Netizen di seluruh Indonesia pun sedang ramai memperbincangkan keunikan pernikahan Afif dan Dinda, banyak yang berpendapat positif namun juga ada yang meresponnya dengan negatif.

Namun terlepas dari pro-kontra pernikahan ala pramuka ini, niat baik kedua mempelai untuk mengkampanyekan ajaran Dasa Dharma layak mendapatkan apresiasi

Dasa Dharma Pramuka dan keberanian anak-anak muda untuk menikah (dengan cara sederhana) adalah bagian dari kekuatan cinta dan enegi bangsa.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

ATM Beras Wujud Kepedulian Bagi Kaum Duafa

Previous article

Korean Red Cross Dukung PMI Upayakan Air Bersih dan Sanitasi

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Login/Sign up

Jasa Pembuatan Aplikasi Semarang

Kursus Komputer Semarang