fbpx
Energi Muda

Kalahkan Tiga Senior, Putri KW Jadi Harapan Tunggal Putri Indonesia

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Akhir-akhir ini nama Putri Kusuma Wardani atau yang lebih sering dipanggil dengan Putri KW sedang menjadi perbincangan di kalangan netizen karena penampilannya dalam Simulasi Piala Uber 2020.

Perjalanan dimulai pada tahun 2018, dimana Putri masih berstatus magang di pelatnas. Hanya butuh satu tahun bagi Putri untuk menunjukkan kemampuannya sebagai harapan baru pebulutangkis putri.

Setahun kemudian setelah ia resmi masuk dalam pelatnas di tahun 2019, nama Putri menjadi melesat dan performa yang menjanjikan. Hingga dalam Simulasi Piala Uber 2020 yang diselenggarakan oleh PBSI, Putri berhasil menjadi sosok pebulutangkis yang tidak terkalahkan dari tiga pertandingan.

Dari pertandingan tersebut, Putri berhasil mengalahkan tiga seniornya, Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, dan Fitriani. Dalam Simulasi Piala Uber, dia bergabung dalam tim Harimau.

Pada Jumat (11/9/2020), Putri  mengalahkan seniornya, Ruselli Hartawan dengan dua gim langsung, 21-9, 24-22. 

Di laga pertama, dia mengalahkan Ruselli Hartawan dari tim Banteng dengan skor 21-14, 21-17. 

Setelahnya, Gregoria Mariska Tunjung dari tim Garuda yang ditaklukkan Putri lewat permainan rubber game dengan skor 21-17, 5-21, 21-18.

“Di game kedua, kak Fitri mainnya berubah, seperti lebih tahan,” kata Putri usai laga kontra Fitriani.

“Di game pertama dia mainnya cepat, tetapi di game kedua mainnya ngambang dan memaksa saya untuk lari mengejar bola,” kata Putri.

“Kuncinya tadi fokus saja sama lebih tenang, jangan buru-buru, soalnya kalau buru-buru pasti kacau mainnya,” lanjut Putri.

Ketiganya merupakan pebulutangkis tunggal putri yang menempati tiga besar di Indonesia. Namun, Putri  perlahan mampu menunjukkan kemampuannya dalam bulu tangkis. Terlepas dari hanya gelaran simulasi, tentu penampilannya membuat PBSI punya ekspektasi lebih terhadapnya.

Di usianya yang baru menginjak 18 tahun, tunggal putri kelahiran Tangerang itu mulai diperhitungkan dunia. Putri saat ini sudah menempati peringkat kelima dunia untuk level junior.

Sementara itu, di level senior, Putri ada di peringkat ke-261 dunia. Wanita yang akrab disapa Puput itu mulai mencuri atensi setelah meraih medali perunggu pada ajang Superliga Junior 2018.

Pada tahun yang sama, Putri menjadi bagian dari tim Indonesia yang berhasil memenangkan medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Junior.

Setahun kemudian, Putri menyabet medali emas kategori beregu pada Kejuaraan Dunia Junior 2019. Tim junior Merah Putih pun menorehkan sejarah dengan memenangi Piala Suhandinata untuk kali pertama. Putri Kusuma Wardani dkk mengalahkan China pada babak final. (EB/kompas).

Related Articles

Back to top button