halal Tourism Indonesia
Halal Tourism, salah satu sektor yang tengah Indonesia kembangkan. (dok.kompasiana.com)
Kabar Indonesia

Kalahkan Malaysia, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Halal Tourism Popular 2019

0

ENERGIBANGSA.ID—Indonesia berhasil mendapatkan predikat terbaik dan ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terpopuler  di dunia tahun 2019. Keberhasilan ini didapat setelah mengungguli 130 destinasi di seluruh dunia.

Hasil ini merujuk dari studi Global Muslim Travel (GMTI) yang dilakukan oleh Lembaga pemeringkat Mastercard-Crescent Rating, dimana indonesia berada di peringkat pertama dengan skor 78 dan bertengger bersama Malaysian dengan skor yang sama.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan dan bukti dari kerja keras yang dilakukan pemerintah dalam upaya pengembangan wisata halal di Indonesia. Pasalnya pengembangan wisata halal di Indonesia telah dirancang sejak tahun 2015.

“Usaha Indonesia untuk menempati posisi pertama memang sudah direncanakan dan menjadi target pemerintah tahun ini,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, seperti yang dilansir dari cnnindonesia.com

Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, Indonesia tercatat mengalami peningkatan signifikan. Di tahun 2015 indonesia berada di rangking 6. Kemudian di tahun 2016, posisi Indonesia naik menjadi peringkat 4, di tahun 2017 berada diperingkat 3, dan peringkat 2 di tahun 2018. Sementara di tahun ini Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI.

“Indonesia satu-satunya negara yang paling progresif dalam mengembangkan destinasi wisata halal,” kata Fazal bahardeen, CEO Crescent Ranking and Halal-trip.

Fazal menuturkan bahwa peringkat pertama yang di dapat Indonesia tak lepas dari upaya pemerintah dalam mengucurkan investasi di sector pariwisata melalui pengembangan infrastruktur di berbagai daerah.

“Setelah sebelumnya berada di tingkat kedua, sekarang nomor satu bersama dengan Malaysia dengan skor 78,” paparnya.

Arif pun mengklaim Indonesia lebih siap dibandingkan dengan Malaysia sebagai destinasi halal karena memiliki Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Salah satu program yang dibuat pemerintah untuk memperlihatkan peringkat destinasi di Indonesia yang ramah terhadap wisatawan muslim.

Sementara itu , Tommy Singgih selaku Direktur MasterCard Indonesia menjelaskan bahwa pasar wisata halal merupakan salah satu segmen pariwisata dengan tingkat pertumbuhan tercepat di seluruh dunia.

Merujuk dari data yang diperoleh tim energibangsa.id, proyeksi dari wisata halal sendiri di tahun 2020 nanti kontribusinya akan melonjak hingga 35% menjadi US$ 300 Miliar terhadap perekonomian dunia.

Naiknya peringkat Indonesia di posisi teratas sebagai destinasi halal terbaik di dunia,menimbulkan harapan bagi Arief. Ia pun berharap, kedepannya akan menjadikan daya tarik bagi minat wisatawan dunia untuk berkunjung ke Indonesia. Terlebih tahun ini ditargetkan 20 juta wisman dengan sebanyak 5 juta atau 25 persennya adalah wisman halal tourism datang ke Indonesia

Dan berikut 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik di dunia versi GMTI 2019, Seperti data yang telah dihimpun tim energibangsa.id:

1. Indonesia                       : 78

2. Malaysia                         : 78

3. Turki                                 : 75        

4. Arab Saudi                      : 72

5. Uni Emirat Arab           : 71

6. Qatar                                : 68

7. Bahrain                            : 66

8. Oman                               : 66

9. Brunei Darussalam      : 65

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Bidik Pasar Halal, BSM dan Tokopedia Kembangkan E-commerce Syariah

Previous article

ATM Beras Wujud Kepedulian Bagi Kaum Duafa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.