fbpx
Pendidikan

Kabar Baik, Pemprov Anggarkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Bagi Madrasah Aliyah di Jateng

SEMARANG, energibangsa.id – Pemprov Jawa Tengah anggarkan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) pada tahun 2021. Bantuan itu digunakan membantu 694 Madrasah Aliyah (MA) di Jawa Tengah.

Pemerintah provinsi berharap, bantuan Bosda bisa meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah di Jawa Tengah.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyampaikan, anggaran Bosda berjumlah Rp26.867.100.000 yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah.

Dana ini dihibahkan melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Per Siswa dapat Rp150 ribu

Secara teknis, madrasah akan mendistribusikan bantuan senilai Rp150 ribu per anak kurang mampu.

Wakil Gubernur berharap, adanya Bosda MA bisa memberikan dukungan untuk mewujudkan kualitas pendidikan di madrasah.

”Hal ini sekaligus dalam rangka menyukseskan program pendidikan menengah universal yang bermutu dan lebih maju,” kata Gus Yasin, sapaan Wagub, saat Rapat Koordinasi Bosda MA secara daring di rumah dinasnya, Selasa (23/2/2021).

Dukung program pendidikan

Dijelaskan, Bosda yang didistribusikan pada madrasah-madrasah di Jateng dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

“Program ini bertujuan untuk melengkapi program BOS yang dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)”, ungkap Gus Yasin.

Sasarannya adalah semua lembaga madrasah di lingkungan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki Nomor Statistik Madrasah.

Menurutnya, adanya bantuan di sektor pendidikan adalah hal yang penting karena memengaruhi keberhasilan pembangunan sumberdaya manusia.

Hal itu juga tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengamanatkan, sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button