pns
ilustrasi PNS (jawapos.com)
NationStyle

Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Bahwa PNS Bisa Tetap Gajian Tanpa Keluar Rumah

0

ENERGIBANGSA.ID – Bukan rahasia jika menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk jenis karir yang diidam-idamkan banyak orang, terutama mereka yang mengharapkan kestabilan karir.

Dilansir dari qerja.com, hingga hari ini ada sekitar lima juta orang yang berkarir sebagai PNS. Saking populernya, satu posisi di formasi CPNS bisa diperebutkan ribuan orang.

Memang apa saja keuntungan menjadi PNS? Setidaknya sobat energi bisa menyimak beberapa poin di bawah ini.

1. Gaji tetap dan cenderung naik

Setiap PNS menerima gaji tetap setiap bulannya dan nilainya cenderung selalu naik mengikuti inflasi dibanding gaji profesi lain. Selain gaji, para PNS juga mendapatkan bermacam tunjangan yang diatur dalam peraturan pemerintah, termasuk di antaranya gaji 13, tunjangan hari raya (THR), dan kendaraan antar jemput.

2. Aman dari PHK

Dari semua profesi, PNS termasuk bebas dari kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK). Betul, profesi ini memang paling aman dari krisis ekonomi dan politik karena separah apa pun krisis, negara tetap membutuhkan PNS yang bekerja untuk mendukung aktivitasnya.

Kalaupun sebuah kementerian atau lembaga non negara yang dibentuk pemerintah dilebur atau dibubarkan, PNS yang bekerja di lembaga tersebut akan dipindahkan ke kementerian atau lembaga lain yang masih ada.

3. Mendapatkan pensiun

Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan hidup PNS dan keluarganya. Tidak heran ketika para PNS pensiun, mereka tetap mendapatkan gaji bulanan yang jumlahnya diatur undang-undang. Bahkan kalau pensiunan PNS laki-laki meninggal dunia, istrinya tetap akan terjamin karena tetap mendapatkan dana pensiun dari suaminya. Aman, kan?

4. Waktu luang untuk bisnis terbuka

Jam kerja PNS untuk lima hari kerja (di pemerintah pusat dan beberapa pemerintah daerah) adalah jam 08.00-16.00. Di luar waktu tersebut, Anda bisa melakukan aktivitas lain yang bermanfaat atau membuat usaha sampingan dan rumahan.

5. Bisa Kerja Remote di Rumah ala Kerja Anak StartUp

Yups, kabar gembira kembali menghampiri para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh penjuru Indonesia. Sebab dilansir dari cnbc indonesia, kini PNS bisa lebih luwes bekerja dari rumah tanpa harus ke kantor.

Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan wacana ini meniru gaya kerja dari perusahaan rintisan (startup) yang sedang menjamur saat ini.

Guna menunjang fleksibilitas jam kerja dari PNS atau sekarang disebut juga dengan Aparatur Sipil Negera (ASN), Kemenpan-RB kini tengah menggodok wacana tersebut sebelum benar-benar diberlakukan pada 2020 nanti. Menurutnya, hal ini juga termasuk dalam indikator sebuah birokrasi.

Wahhh… enak ya sobat energi jadi PNS, bisa kerja remote, nyaris tidak bisa dipecat, aman dari PHK, gaji naik (hampir) tiap tahun, waktu luang banyak, plus auto jadi menantu idaman.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kenapa Orang Tua Ingin Anaknya Jadi PNS?

Previous article

Prima DMI Jateng Resmi Dilantik

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Nation