Jusuf Kalla Ingin Pimpinan Baru KPK Tidak Asal Tangkap (Foto: Minangkabaunews)
Jusuf Kalla Ingin Pimpinan Baru KPK Tidak Asal Tangkap (Foto: Minangkabaunews)
Kabar Indonesia

Jusuf Kalla Ingin Pimpinan Baru KPK Tidak Asal Tangkap

0

ENERGIBANGSA.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera memilih sosok baru yang akan memimpin pada periode 2019-2023 mendatang. Dalam pemilihan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap pemimpin yang baru memiliki karakter tidak asal tangkap saat menangani kasus korupsi.

Harapan tersebut disampaikan langsung oleh Jusuf Kalla pada Kamis, (4/7/2019) di Kantor Wapres usai menerima kunjungan dari Ma’ruf Amin. Jusuf Kalla juga berharap agar pemimpin KPK yang baru dapat membawa upaya pencegahan korupsi di Indonesia.

Wapres Jusuf Kalla usai menerima kunjungan dari Wapres terpilih, Ma’ruf Amin (Foto: Kompas)

“Tentu harapannya (Presiden) memilih tokoh yang pertama bersih, kemudian kedua punya keberanian, dan punya pengetahuan tentang hukum. Jangan orang yang asal ambil, asal tangkap,” terang Wapres yang akan segera mengakhiri masa jabatannya ini.

Seperti diketahui, masa kepemimpinan Agus Rahardjo di KPK akan berakhir pada tahun ini. Oleh karena itu, pendaftaran calon pimpinan (Capim) KPK telah dibuka sejak 17 Juni 2019 lalu.

Data yang berhasil diperoleh energibangsa.id menemukan bahwa selama menjabat sebagai pimpinan KPK Agus telah mencetak beberapa gebrakan baru. Diantaranya seperti usulan untuk menghukum pelaku korupsi dengan memberi kesempatan masyarakat untuk meludahi para koruptor.

Selama masa kepemimpinannya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat KPK telah menangani 35 kasus korupsi pada tahun 2016, 44 kasus pada 2017, dan 57 kasus pada 2018. Hal ini mengindikasikan KPK sangat fokus menangani kasus antirasuah di Indonesia.

Hingga Rabu (3/7/2019), tercatat sudah ada 191 pendaftar seleksi capim KPK mengutip dari bisnis.com. Dua diantaranya merupakan pimpinan KPK yang saat ini masih aktif menjabat. Diharapkan keseluruhan capim nantinya dapat menjadi pemimpin yang amanah dan adil.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Pertanian Jateng Bikin Bangga, Ganjar Lepas Ekspor Edamame Perdana ke Eropa

Previous article

Mengenal Lebih Dekat Stroke Mata

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.