fbpx
Kesehatan

Jus Kesemek Bisa Lemahkan Virus Corona? Simak Kata Peneliti

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Dikenal memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang banyak membuat sebagian orang menyukai buah kesemek. Dibalik bentuknya yang bulat ternyata buah kesemek diklaim bisa melemahkan virus Covid-19.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Nara Medical University, Jepang, mengungkapkan jika dalam dosis tertentu kandungan tanin dalam jus buah kesemek yang sangat terkonsentrasi dapat membuat virus corona tidak berbahaya lagi.

buah kesemek

Tanin sendiri merupakan senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Senyawa ini memiliki rasa yang pahit dan kelat di mulut. Tanin juga mampu bereaksi dengan cara menggumpalkan protein dan beragam senyawa organik lain termasuk asam amino dan alkaloid.

Peneliti melakukan pengujian dengan mencampurkan virus corona, air liur, dan jus tanin kesemek, lalu mendiamkannya selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, virus telah didetoksifikasi.

Jus ini bukan jus dari sembarang kesemek tua, dan harus disiapkan dengan cara tertentu. Campuran yang digunakan dibuat dengan terlebih dahulu membuat jus astringent atau kesemek mentah, memfermentasi, dan melakukan proses aging.

Mengutip dari Japan Today, hanya makan buah kesemek yang telah matang tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Selain itu, uji coba dan penelitian ekstensif masih perlu dilakukan untuk mengetahui potensi dan waktu yang tepat yang diperlukan untuk menyembuhkan COVID-19 dengan menggunakan berbagai jenis obat, herbal, termasuk tanin kesemek ini.

Hingga kini berbagai universitas dan badan penelitian di seluruh dunia masih berjuang untuk menemukan kemungkinan penyembuhan dan pengobatan virus yang sudah menyebabkan banyak nyawa melayang di seluruh dunia ini.

Sampai saat ini belum ada obat-obatan yang diklaim ampuh dan berhasil untuk menyembuhkan penyakit Covid-19. Vaksin dari berbagai penelitian juga masih belum ditemukan. Sehingga cara paling efektif yang bisa dilakukan agar tak terinfeksi virus corona adalah dengan metode pencegahan. Jangan lupa untuk konsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga serta berjemur.

Tetap lakukan protokol kesehatan, jaga kesehatan tubuh dan selalu berhati-hati masih menjadi hal yang wajib dilakukan di tengah pandemi ini.

Related Articles

Back to top button