fbpx
Nasional

Jokowi Tinjau Penanganan Corona dan Resmikan Tol di Aceh

ENERGIBANGSA.ID (ACEH) – Selasa ini (25/8) Presiden Joko Widodo tiba di Aceh. Kedatangannya saat ini dalam rangka peninjauan penanganan COVID-19 sekaligus meresmikan tol ruas Sigli-Banda Aceh.

Dalam siaran pers Sekretariat Presiden yang dikutip Detik.com, Selasa (25/8), pasca Jokowi mendarat di Aceh, ia langsung menuju gerbang tol Blang Bintang, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, untuk melakukan peninjauan sekaligus peresmian jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang.

Siangnya, Mantan Walikota Solo ini diagendakan menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro kepada sejumlah perwakilan penerima untuk kemudian berlanjut pada acara pengarahan Jokowi untuk penanganan virus corona secara terintegrasi di Provinsi Aceh.

Usai memberikan arahan, Jokowi langsung bertolak ke Jakarta sore harinya.

Dikutip dari keterangan tertulis Satuan tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, pemerintah mengirimkan bantuan alat kesehatan ke Aceh, termasuk 1 juta masker.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menjelaskan, bantuan alat kesehatan merupakan permintaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh.

Untuk penanganan kesehatannya sendiri, Satgas mengirimkan 5 buah ventilator untuk dipakai di rumah sakit-rumah sakit bagi penderita yang membutuhkan bantuan pernafasan.

Di samping itu dikirimkan 1.000 jerigen hand sanitizer yang masing-masing berisi 4 liter.

“Presiden secara khusus menyumbangkan satu juta masker kain untuk dipergunakan masyarakat. Satgas menambahkan dengan mengirimkan 10.000 masker N-95 dan 10.000 masker KN-95 untuk para dokter. Di samping 200.000 masker medis untuk para perawat, dan 10.000 pelindung muka,” ujar Doni.

Berdasarka data yang didapat tim energibangsa.id, PT Hutama Karya (Persero) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli–Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri–Blang Bintang) sepanjang 13,5 km.

Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), di mana kehadiran ruas ini mampu mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pembangunannya, Hutama Karya selaku owner JTTS ruas Sigli-Banda Aceh berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor.

Tol Sigli-Banda Aceh terdiri dari enam seksi, yakni seksi 1 Padang Tiji-Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum-Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam (5 km).

Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh. Tol ini memiliki 2 interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Jalan tol ini dilengkapi oleh 1 Gerbang Tol (GT) yakni GT Indrapuri, 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A yang berada di Km 54, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

Jika terhubung, Tol Sigli-Banda Aceh mulai dari seksi 1 hingga seksi 6 dapat menampung volume kendaraan sekitar 3.000 kendaraan setiap harinya.

Dalam kunjungan ke Aceh itu, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono,

Selain itu Sekretaris Militer Presiden Majyen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.(Sasa/EB/Detik.com)

Related Articles

Back to top button