fbpx
Kabar Daerah

Jokowi Minta Gubernur Divaksin Pertama, Ganjar : Siaplah, Masak Ora Siap

SEMARANG, energibangsa.id – Ganjar Pranowo siap mendapat vaksinasi pertama di Jateng. Hal ini sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo saat Rapat Terbatas bersama dengan Menteri dan Gubernur.

Dilansir dari  jatengprov.go.id, Rabu (6/1), dalam rapat tersebut Jokowi meminta kepada seluruh daerah untuk mempersiapkan vaksinasi. Ia meminta juga kepada para pemimpin daerah untuk mendapatkan vaksinasi pertama agar bisa meyakinkan masyarakat.

Jokowi menambahkan, rencana vaksinasi akan dimulai pada pekan depan. Hal ini dikarenakan, masih menunggu izin penggunanaan dari BPOM. Kabarnya, izin dari BPOM ini akan keluar dalam waktu dekat.

Ganjar Pranowo mengatakan, siap untuk menjadi yang pertama kali divaksin di Jateng.

“Saya kira perintah Presiden bagus, akan bisa menjadi contoh. Saya sendiri siap. Siaplah, masak ora siap (masa tidak siap), Presiden saja siap kok. Ya memang tadi Presiden memberikan catatan menunggu izin dari BPOM, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa keluar,” ujarnya.

Rencana vaksinasi di Jateng sudah dipersiapkan secara matang. Nantinya, target pertama yang akan mendapatkan vaksin yaitu tenaga kesehatan sesuai dengan kebijakan yang telah diatur.

“Tapi kalau memang butuh contoh, saya kira nantinya bupati/ wali kota bisa mengikuti setelah kami,” ucapnya.

Usulkan GeNose C19

Ganjar juga mengusulkan kepada Jokowi agar nantinya bisa memanfaatkan alat pengecekan covid-19 buatan UGM yaitu GeNose C19. Alasan juga diberikan karena GeNose C19 menurutnya simpel, mudah digunakan dan murah untuk membantu tracing.

Hal ini disoroti Ganjar lantaran saat ini Indonesia membutuhkan perlatan untuk tracing dan testing di seluruh daerah. Namun permasalahannya, semua Puskesmas tidak memiliki laboratorium PCR sehingga akan memperlambat tracing dan testing.

“Maka tadi saya usulkan pada Presiden, semua menggunakan GeNose untuk membantu surveilans melakukan tracing,” jelasnya.

GeNose C19 dinilai mampu bisa melakukan treatment dengan cepat karena kecepatan memperoleh hasilnya. Maka dari itu, Ganjar turut mengapresiasi dan mendukung penuh karya anak bangsa ini dengan ikut menggunakan GeNose C19 yang akan dipasang pada tempat keramaian.

“Saya mendukung penuh, makanya Jateng pakai GeNose,” pungkasnya. (*)

Related Articles

Back to top button