fbpx
Kabar Indonesia

Jokowi Jadi ‘Orang Paling Dikagumi’ Nomor 1 di Indonesia dan Nomor 20 di Dunia

SEMARANG, energibangsa.id — Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dinobatkan menjadi tokoh yang paling dikagumi di dunia maupun di Indonesia. Hal tersebut didapat dari Lembaga Survei YouGov.

Jokowi menjadi satu-satunya tokoh Indonesia yang masuk dalam 20 sosok paling dikagumi. Walau berada di peringkat akhir, ia bersanding dengan tokoh besar dari berbagai macam latar belakang.

Jokowi menjadi sosok yang baru masuk dalam survei tersebut dan langsung mendapat 0,9 persen suara di posisi ke-20.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama berhasil menggulingkan Bill Gates dari posisi puncak. Bill Gates menjadi pria paling dikagumi di seluruh dunia sejak YouGov melakukan survei ini pada tahun 2014.

Tak hanya tokoh politik dan pengusaha, pesepak bola Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, pebasket Michael Jordan hingga atlet kriket Virat Kohli juga termasuk dalam survei tersebut. Banyak aktor juga turut mendapatkan penilaian dalam survei ini, yakni Keanu Reeves, Amitabh Bachchan, Shahrukh Khan, hingga Jackie Chan.

Ada pula Presiden Donald Trump yang berada di nomor 15 dunia dengan perolehan suara 2,8 persen.

Di Indonesia sendiri, Jokowi berada di peringkat satu sebagai pria yang paling dikagumi. Hanya terdapat 5 tokoh nasional dan diantaranya adalah Jokowi yang mendapatkan 13,38 persen suara.

Tokoh agama Ustaz Abdul Somad berada tepat di bawah Jokowi dengan angka 8,00 persen. Kemudian Basuki Tjahaja Purnama berada di posisi keempat hasil survei ini. Di posisi sembilan, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan skor 4,00 persen. Sementara posisi terakhir diisi oleh aktor profesional Reza Rahadian dengan angka 3,48 persen.

YouGov melaksanakan survei ini dari Januari hingga Maret 2020. Survei ini melibatkan responden yang lebih luas daripada sebelumnya yakni lebih dari 45.000 orang di 42 negara.

“Hasilnya dihitung dari kombinasi jawaban atas dua pertanyaan: apakah seorang responden mengagumi sosok itu sama sekali dan kemudian apakah mereka sosok yang paling dikagumi responden. Hasil setiap negara dalam kompilasi global juga dihitung untuk mewakili ukuran populasi negara tersebut,” tulis YouGov. (dhanti/EB).

Related Articles

Back to top button