fbpx
InternasionalKabar Indonesia

Jokowi Bakal Tarik 7000 Triliun Uang Koruptor Indonesia di Swiss

0

ENERGIBANGSA.ID – Sudah bukan rahasia lagi jika Swiss sering dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan uang haram orang-orang dari negara lain, salah satunya orang Indonesia.

Namun kini Indonesia dan Swiss sepakat untuk menandatangani Perjanjian Hukum Timbal Balik (Mutual Legal Assistance Treaty) di bulan Agustus tahun lalu. Perjanjian ini menguntungkan bagi Indonesia untuk mempersempit ruang gerak para penjahat untuk menyembunyikan aset kejahatannya di Swiss.

Perjanjian MLA itu terdiri dari 39 pasal, antara lain mengatur bantuan hukum mengenai pelacakan, pembekuan, penyitaan hingga perampasan aset hasil kejahatan.

Menurut dosen Hubungan Internasional UNWAHAS, Ismiyatun, Swiss memang dikenal sebagai negara yang sistem kerahasiaan perbankannya sangat ketat. “nah, itu yang membuat banyak pengusaha dan politisi nakal bisa menghindari wajib pajak dengan membuat rekening di Swiss,” ujarnya pada EnergiBangsa.id

Dengan adanya MLA,  pertukaran informasi keuangan dan perpajakan antara Indonesia dengan Swiss akan lebih mudah dilakukan oleh kedua negara. Aparat penegak hukum Indonesia bisa mengakses informasi dari otoritas Swiss, demikian pula sebaliknya.

Perjanjian ini dimaksudkan untuk jadi peringatan bagi para koruptor, pengemplang pajak, dan sindikat narkoba. Perjanjian ini agar mereka tak lagi berani menyimpan dana hasil kejahatan mereka ke Swiss.

Dalam perjanjian MLA, Indonesia bisa meminta bantuan Swiss dalam upaya paksa terhadap pelaku kejahatan seperti penggeledahan pemblokiran rekening, atau membuka rekening bank tak terduga.

sebagaimana diulas keepo.me dengan adanya MLA ini Indonesia juga dapat meminta data daftar perusahaan yang diduga terkait dengan pencucian uang. Namun perlu dicatat kerjasama ini tidak mencakup ekstradisi dan hukuman badan terhadap pelaku tindak pidana.

Maka itu perjanjian yang disetujui oleh Swiss dan Indonesia merupakan langkah positif dari pemerintah kedua Negara untuk memerangi kejahatan internasional. Semoga niat positif ini bisa segera ditunaikan (red)

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Perjanjian MLA Indonesia-Swiss Sudah Ditandatangani, 7000 Triliun Uang Koruptor di Swiss Bisa Ditarik Jokowi

Previous article

Guru SD di Grobogan ini Mampu Manfaatkan Jeruk sebagai Energi Listrik

Next article

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Login/Sign up

Jasa Pembuatan Aplikasi Semarang

Kursus Komputer Semarang