fbpx
Ekonomi & BisnisInspirasi Bangsa

Joe Girard; Sales Mobil Sukses di Amerika, Pembeli Harus Antri untuk Pesan Mobil darinya

ENERGIBANGSA.ID – Siapa Joe Girard? Joe Girard adalah seorang salesman mobil di Amerika. Yang membuatnya menarik adalah rekor penjualannya hingga saat ini masih sulit dipecahkan.

Joe Girard berhasil menjual 13.001 mobil, sepanjang 15 tahun karirnya sebagai seorang tenaga penjual. Itu berarti rata-rata dia menjual 2 mobil dalam sehari.

Pada tahun 1973, beliau mendapatkan penghargaan dari Guinness Book of World Record sebagai salesman dengan penjualan terbanyak, yaitu menjual 1.425 mobil dalam setahun.

Mobil yang dijual beliau adalah mobil biasa, bukan supercar semacam Lamborghini, Ferrari, Koenigsegg atau semacamnya.

Ketika seseorang ingin membeli mobil dari Joe Girard, mereka harus membuat janji jauh hari sebelumnya dikarenakan jadwalnya yang padat.

Sungguh berbanding terbalik dengan para salesman pada umumnya, yang justru mengejar-ngejar konsumen dan membujuk mereka untuk membeli produknya.

Rahasia Joe Girard

Jadi apa rahasia Joe Girard? Apakah dia menggunakan pelet yang dapat meningkatkan karisma dan daya tariknya? Apakah dia menyogok para konsumennya tersebut untuk membeli mobil darinya?

Di awal karirnya, Joe Girard konsisten untuk terus melakukan kontak dengan calon konsumennya tanpa berusaha menjual apapun.

Sebuah survey menunjukkan bahwa para tenaga penjual biasanya akan berhenti mengontak hot prospect-nya ketika mereka tidak menunjukkan niat untuk membeli pada pertemuan ke-2 atau ke-3.

Tapi tidak dengan Joe Girard.

Dia bukan cuma sekedar konsisten untuk tetap saling berhubungan dengan calon pembelinya, beliau juga berusaha membangun sebuah hubungan persahabatan dengan semua hot prospect yang dia miliki.

Yang berarti di setiap pertemuan Joe dengan kliennya, penjualan mobil bukanlah topik utama yang mereka bicarakan. Namun percakapan yang terjadi adalah layaknya seorang teman lama yang saling berbincang-bincang.

Joe Girard juga sangat aktif untuk mengirimi kartu ucapan untuk semua calon pembelinya. Bahkan, ketika namanya sudah melejit, dia sampai harus mempekerjakan seorang asisten untuk membantunya menulis surat.

Bayangkan, seorang salesman mempekerjakan orang lain untuk membantunya menulis surat!


Hal yang dilakukan oleh Joe Girard ini menjadikan dia sebagai orang yang dapat dipercaya, dan otomatis menjadikan beliau sebagai orang yang akan selalu dibenak hot prospect-nya ketika mereka ingin membeli mobil.

Excellent service, itu adalah rahasia untuk menjual apapun.

Related Articles

Back to top button