sekolah
ilustrasi suasana kegiatan belajar mengajar di kelas
Pendidikan

Jika Dihina Gurumu , Berterimakasihlah

0

ENERGIBANGSA.ID – Dihina, dicibir, dimaki orang, direndahkan bahkan dihina memang sangat tidak menyenangkan. Apalagi jika sebenarnya kita tidak seperti yang dibicarakan. Apalagi jika cibiran itu muncul dari guru BP yang harusnya membimbingmu.

Namun sobat energi perlu tahu bahwa tidak semua cibiran itu buruk. Tinggal bagaimana kamu merespon cibiran tersebut, karena bisa jadi dari cibiran guru itu akan merubah kehidupan kamu lebih baik dan membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Dewasa ini viral di twitter, orang-orang ‘membalas’ guru yang menghinanya dengan prestasi dan level kesuksesan yang membanggakan.

Setidaknya ini pelajaran yang berhasil dirangkum oleh tim energibangsa.id di balik sebuah cibiran dan hinaan guru terhadapmu :

1) Mentalmu Akan Terbangun

Dihina orang lain memang terdengar menyakitkan. Namun tahukah kamu, kalau dari cibiran orang itu kamu bisa tumbuh menjadi sosok yang lebih hebat dan bermental kuat.

Mereka akan menyadarkanmu bahwa kehidupan tidaklah selalu mudah. Mentalmu yang semula penakut akan terbangun menjadi lebih kuat saat kamu sudah sering mendengar hinaan orang lain. Ayo, bayar tuntas hinaan tersebut jadi pujian!

2) Kamu Akan Lebih Berani Bermimpi

Setiap orang punya mimpi tentang masa depan, begitu juga denganmu. Orang lain bisa saja mencibirmu, mereka menganggap mimpimu tidak masuk akal dan kamu tidak akan mampu meraihnya.

Tenang sobat energi, mimpimu yang mendapat cibiran justru pertanda bahwa mimpimu adalah mimpi besar, bukan impian receh yang umum diimpikan kebanyakan orang. Selama itu realistis, beranilah terus bermimpi besar meskipun cibiran selalu ada.

3) Cibiran Membuatmu Bersemangat

Omongan negatif dari orang lain memang sering terasa menyesakkan hati. Belum lagi kalau terus difikirkan, kamu bisa sampai pada level stress tinggi. Daripada terus berfokus pada cibiran orang, alihkan fokusmu pada apa yang ingin kamu capai.

Jadikan cibiran itu menjadi energi dan semangat untuk membuktikan bahwa kamu mampu dan pasti berhasil meraih apa yang kamu impikan. Konversi hinaan jadi kekuatan!

4) Pelajaran Bagi Diri Sendiri

Kamu sudah tahu bagaimana rasanya mendengar cibiran orang lain, kan? Kamu sudah merasakan tidak enak hatinya menerima perkataan tidak menyenangkan. Maka kamu akan belajar dari semua pengalaman tersebut bahwa kamu tidak akan melakukan hal yang sama pada orang lain.

Karena kamu tahu bahwa hal tersebut menyakitkan maka kamu tidak akan menyakiti perasaan orang lain dengan cara seperti itu. Secara tidak langsung, mendapat cibiran akan menjadikanmu pribadi yang lebih dewasa dan berbudi.

5) Semakin Yakin pada Kuasa Tuhan

Apapun omongan yang datang dari orang lain, sebenarnya tidak akan merubah apapun dalam hidup kamu. Hidup kamu, tetap Tuhan yang berkehendak di atasnya. Ingat hanya takdir Tuhan dan ikhtiyarmu lah yang mampu merubah keadaan dirimu, bukan omongan buruk orang lain terhadapmu.

Sobat energi, perlu diingat bahwa kadang-kadang gurumu sengaja menghinamu agar terlecut semangatmu dan membuktikan bahwa kamu tidak seperti yang dikatakannya. Jangan-jangan jika gurumu tak menghinamu kala itu, kamu tak akan menjadi seperti saat ini.

Tetaplah yakin pada rencanamu ke depan, fokus pada apa yang bisa kamu lakukan dan jangan terlalu terbawa perasaan terlalu dalam jika ada yang mencibirmu. Dengan berfikir positif, kamu akan menjadi pribadi yang lebih tangguh dan dewasa.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

MUI Jawa Timur Larang Kebhinekaan, Ganjar: Ada yang Lebih Substantif

Previous article

Mahasiswa UMM Ciptakan Sepatu Multifungsi 4 in 1 Bermotif Batik

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Pendidikan