Gaya Hidup

Jika Amnesia, Pecandu Rokok Bakal Sembuh atau Tetap Kecanduan?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pertanyaan seputar hal-hal yang sulit dijelaskan memang menarik untuk dibahas. Kali ini muncul pertanyaan di forum kelas magang energibangsa.id. Kira-kira begini pertanyaannya, kalau pecandu rokok kena amnesia, akan sembuh atau tetap merokok yaa?

Kegiatan magang yang diikuti kelas magang energibangsa.id, terdiri dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia (dok: istimewa)

energibangsa.id sendiri dikenal memiliki SDM yang punya semangat tinggi dan kritis. Tak heran mengapa mereka mempersoalkan hal ‘sepele’ seperti itu.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu kita ketahui bahwa gejala amnesia ada beberapa macam. Berdasarkan gejala yang ditimbulkan, amnesia bisa dikategorikan dalam dua jenis, yaitu:

Kegiatan magang yang diikuti kelas magang energibangsa.id, terdiri dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia (dok: istimewa)
  • Amnesia Anterograde
    Orang yang mengalami jenis amnesia ini kesulitan mengingat hal yang terjadi setelah periode tertentu. Mereka hanya bisa mengingat hal yang terjadi dalam jangka pendek.

Amnesia anterograde dapat bersifat sementara maupun permanen. Nah, akibat dari amnesia anterograde ini, pengidap hanya bisa mengingat kejadian dan peristiwa sebelum mengalami amnesia.

  • Amnesia Retrograde
    Sedangkan untuk amnesia jenis ini, pengidapnya tidak bisa mengingat informasi atau kejadian yang terjadi sebelum periode tertentu. Biasanya terjadi sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.

Nah jika kita cocokologi dengan mengacu terhadap gejala amnesia di atas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan diatas adalah ‘tergantung’.

Jadi tergantung si pecandu mengidap amnesia jenis apa. Jika si pecandu kena amnesia retrograde, maka kemungkinan dia akan lupa bahwa dirinya dulu pernah merokok dan akan sembuh.

Namun jika si pecandu kena amnesia anterograde, maka kemungkinan besar si pecandu akan tetap merokok dan masih candu terhadap rokok.

Ini hanya sebuah teori dari tim energibangsa.id lho sobat, jadi jangan dipikir terlalu keras yaa, ckuakzzzz. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button