fbpx
Nasional

Jelang Pilkada, Ini Dia Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan PNS

SEMARANG, energibangsa.id — Pilkada yang akan digelar secara serentak pada Desember 2020. Aparatur Sipil Negara (ASN) mendapatkan segenap larangan serta sanksi, bahkan larangan tersebut berlaku bagi pemilihan umum lainnya.

Berikut merupakan larangan-larangannya

1. Pelanggaran aturan

Tjahjo Kumolo selaku Menteri PANRB mengungkapkan bahwa masih ada ASN yang melanggar area yang sudah ditentukan. Berikut pelanggaran yang dilakukan seperti pemasangan baliho, ikut serta saat pendaftaran bakal calon kepala daerah.

2. Dilarang Like & Share

Abhan selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu mengungkapkan jika ASN dilarang berkampanye atau sosialisasi di media sosial seperti memposting, comment, share dan like.

3. Dilarang Hadir di Acara Deklarasi

ASN dilarang menghadiri deklarasi pasangan bakal calon/calon peserta Pilkada. Selain itu dilarang melakukan foto bersama dengan bapaslon/paslon dengan mengikuti simbol gerakan tangan atau gerakan yang mengindikasikan keberpihakan. ASN juga dilarang menjadi narasumber dalam kegiatan parpol (kecuali dalam rangka tugas kedinasan, disertai dengan surat tugas dari atasan).

Selanjutnya ASN dilarang melakukan pendekatan ke parpol dan masyarakat dalam rangka untuk memperoleh dukungan terkait dengan pencalonan ASN yang bersangkutan dalam Pilkada sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah namun tidak cuti di luar tanggungan negara.

4. Dilarang Deklarasi Tanpa Cuti

Kemudian ASN yang mendeklarasikan diri sebagai paslon kepala daerah tanpa cuti di luar tanggungan negara. Memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan dirinya atau orang lain sebagai bakal calon kepala daerah atau wakil kepala daerah.

Selain itu dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan termasuk penggunaan barang yang terkait dengan jabatan atau milik pribadi untuk kepentingan bapaslon.

Nah, itulah sederet larangan bagi PNS baik jelang pilkada nanti atau dengan pemilihan umum lainnya, (Dhanti/EB).

Related Articles

Back to top button