fbpx
Nasional

Jelang Pilkada 2020, Panitia Pemungutan Suara Tulungrejo Lantik 46 KPPS

BANYUWANGI, energibangsa.id—Panitia Pemungutan Suara Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi belum lama ini melantik sejumlah 46 Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di pendopo Balai Desa Desa Tulungrejo, Senin (23/11).

Hadir dalam acara itu, Kepala Desa Tulungrejo, M. Iksan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), serta Panwas Kelurahan/bDesa (PKD). Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Tulungrejo, M. Iksan, meminta petugas KPPS yang untuk memberikan contoh, sebagai pelopor lingkungan untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Ini kita jadikan bentuk waspada jelang Pilkada yang tidak seperti biasanya ini”, ucap Ikhsan.

Lebih lanjut, Ikhsan juga berpesan kepada petugas KPPS untuk ikut-serta berperan aktif menjaga keharmonisan masyarakat. Khususnya menjelang pesta demokrasi berupa pilkada 2020.

“Jangan sampai, hanya karena berbeda pandangan soal pilihan calon Bupati dan Wakil Bupati kemudian sampai merusak hubungan pertemanan, persaudaraan, apalagi sampai merusak hubungan kekeluargaan. Kita harus pegang teguh slogan desa kita, ‘Tulungrejo Baru, Tulungrejo Bersatu, Banyuwangi Maju’, ujar kepala desa yang baru menjalankan tugasnya setahun ini.

Perwakilan

Sementara itu, Ketua PPK Glenmore, Agus Setiawan menyampaikan bahwa pelantikan petugas KPPS ini hanya diwakili oleh Ketua KPPS saja. Pasalnya, semua itu dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Namun, nantinya semua Ketua KPPS ini harus mengambil sumpah dari setiap anggotanya pada saat proses pemungutan suara akan dimulai di TPS masing-masing.

Petugas KPPS yang telah dilantik akan mendapatkan bimbingan teknis dari PPK maupun PPS. Pelatihan itu bertujuan agar petugas KPPS dapat memahami dengan baik tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). Sehingga, saat penyelenggaraan pilkada 9 Desember KPPS sudah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar. (Iqbal Bakhtiar)

Related Articles

Back to top button