fbpx
Nasional

Jelang Pemilihan, ‘Relasi’ Gelar Sosialisasi bagi Komunitas Tani Makmur Tulungrejo Glenmore

BANYUWANGI, energibangsa.id—Sabtu (21/11) Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Kabupaten Banyuwangi usai menyelenggarakan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Banyuwangi tahun 2020. Kegiatan ini dilangsungkan di halaman rumah salah satu anggota Komunitas Tani Makmur, di Dusun Wadung Pal RT 01/RW 01 Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan sosialisasi itu menghadirkan sebanyak 25 peserta, dikemas dengan baik. Yakni sebuah kegiatan diskusi terbuka yang menuntut keterlibatan partisipasi aktif para peserta dengan dipandu moderator. Tak hanya itu, kegiatan tersebut didukung suasana yang santai, rileks, dan menyegarkan namun tetap teratur untuk mencapai sebuah pembacaan bersama.

Saiful Bari selaku koordinator Relasi basis komunitas juga menyampaikan, bahwa pemilu di era pandemi ini merupakan pilkada yang mungkin hanya akan terjadi sekali dalam sejarah Indonesia. Oleh sebab itu, masyarakat harus terus didorong untuk tetap berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Hanya saja, pemilih harus mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan yang ada”, tegasnya.

Cegah politik uang

Di samping itu, partisipasi pemilih sering menjadi isu bersama karena berkaitan dengan seberapa banyak warga hadir untuk memberikan suara di TPS. Tingkat partisipasi seringkali dihubungkan dengan legitimasi hasil pilkada.

Pada konteks lain, partisipasi pemilih juga berkaitan dengan kepercayaan warga negara pada demokrasi, sistem politik, penyelenggara pilkada, dan pihak-pihak yang akan memimpin pemerintahan.

Oleh karenanya, Rudiyanto selaku anggota Relasi basis komunitas mengingatkan pada masyarakat agar tidak membiarkan atau bahkan menjadi pelaku atau praktik (politik uang) money politic.

“Hindari hal-hal yang berbau politik uang, karena itu akan merusak citra  pesta demokrasi”, tandasnya.

Reporter: Nadir, Editor: Saiful Bari

Related Articles

Back to top button